Kamis, 24 April 2014

ABG Di Balik Runway


Judul: ABG Di Balik Runway 
Penulis: Armadina AZ
No ISBN: 978-602-948-113-6
Tahun Terbit: Oktober 2012
Rating: ☆☆☆ 
Sinopsis:

Umur gue baru lima belas tahun waktu hidup gue berubah 180 derajat, waktu gue mulai punya identitas ganda

Ini gue di sekolah: objek keisengan anak-anak kelas sebelah. Gue bukan anak yang diem aja digituin, tapi mereka malah sering menjadikan respon gue sebagai bahan becandaan lain, yang bikin gue eneg setengah mati. Gue di-bully ya?

Ini gue yang satunya: sedang duduk manis di fashion show, di jejeran para pemburu berita, Sebagai wartawan gue jadi punya banyak teman baru yang bisa menghabiskan banyak waktu ngobrol sama gue, kasih nasihat sampai mengajari gue banyak hal baru yang gue gak tahu sebelumnya.

Sebentar, tadi gue sempat ngomong gue wartawan, ya? Gue, wartawan? Wartawan fashion? Ini kayak mimpi, mimpi yang sejujurnya nggak pernah gue impikan akan terjadi.

*
*
*
*


Pernah penasaran gak sih sama apa yang model lakukan di belakang panggung? Pernah mikir gak sih kalau model itu gaya hidupnya sama seperti kita-kita? Atau mungkin kamu pernah mikir kalau model itu identik dengan 'wanita simpanan pejabat', 'cuma bisa huru-hara' atau malah 'cuma ngandelin muka'?

Buku ini jawabannya bagi kamu yang ingin melihat dunia model dari sisi lainnya. Jujur saja, sebenarnya aku agak benci sama buku-buku yang mengangkat model itu 'gampangan' banget sehingga imbasnya semua model kena cap buruk dari masyarakat. Dan untung saja Armadina atau dalam buku ini dipanggil Nina, tidak memperkeruh stigma negatif seorang model.

Dalam buku ini, kita diajak merasakan gimana rasanya menjadi wartawan sekaligus menjalankan kewajibannya sebagai anak SMA. Kita merasa seolah-olah adalah Nina yang tengah ngobrol sama kakak-kakak model, sebuat saja Renata dan Dominique sampai merasakan sendiri nonton fashion show  desainer sekaliber Billy Tjong dan Priyo Octavio.

"Sebuah cerita yang membawa kita seakan-akan ikut merasakan petualangan si ABG in a Wonderland. Polos, lugas, menarik dan berbeda,"Renata Kusmanto
Seperti pernyataan diatas, kita memang diajak ke Wonderland versi dunia fashion. Bahkan aku yang notabene rada anti dengan fashion saja menikmatinya dan membuatku berpikir untuk kembali ke dunia yang sempat aku tinggalkan :)

Dan disini ada beberapa hal yang menarik, yang mungkin masyarakat kita tidak bakalan menyangka. Misalnya saja di bab Cristina Borries. Kita gak bakalan menyangka jika super model seperti Cristina Borries mengalami bullying yang benar-benar parah sampai harus ke psikolog dan ingatannya di hampir sebagian hidupnya hilang. Kita bisa belajar jika bullying itu bisa menimpa siapa saja dan dari manapun, termasuk di sekolah dan dilakukan oleh yang seharusnya mendidik kita, guru.

Everybody saw the beauty, no one saw the pain. Yes, she had the pain in the past time, but now, you always see the beauty part of herhlm. 140 (Tagline GIA)

Atau Dokter Renobulan 'Buy'. Siapa yang menyangka jika model juga bisa menjadi dokter dan bekerja di klinik kalau sedang tidak show? Gak ada kan?

Dalam bab 'Maybe You Can't Be a Model, But For Sure You Can Look Like a Model', Dokter Buy bakalan menjelaskan soal tinggi badan dan bagaimana caranya kita bisa mengakali tinggi badan kita yang 'kurang' menjadi minimal terlihat sebagai model tanpa harus sakit di badan dan kantong (well, sebenarnya sih sakit di kaki kalau enggak terbiasa sama heels, hehehe).

Tidak ada typo itu adalah nilai plus buku ini. Serta aku tidak bisa menemukan kekurangan dari buku ini (entah karena aku terlalu cinta sama buku ini atau bagaimana). Lima bintang dari lima bintang.

Jadi, kenapa gue milih jadi wartawan? Ah, gue hanya memilih untuk mengerjakan apa yang gue suka. Itu aja hlm. 249

Kalau kalian ingin menghubungi penulisnya, kalian bisa mencarinya di:
Fb: Armadina AZ
Twitter: @Armadina
Blog: http://orangbiasadengantulisanbiasa.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku