Rabu, 12 November 2014

Jurnal Jo 3 : Episode Cinta (Jurnal Jo #3)


Judul : Jurnal Jo 3: Episode Cinta
Penulis : Ken Terate
No ISBN : 978-602-03-0569-1
Tahun Terbit : Juni 2014
Rating : ☆☆☆☆
Sinopsis : 

Wah, ada cowok baru di kelas Jo Wilisgiri: Izzy. Izzy bukan sekadar cowok, tapi selebriti! Cakep, terkenal, lucu, perfect! Semua cewek dibuat “demam” olehnya, termasuk Jo. Tapi masalahnya Jo nggak boleh “demam” gara-gara cowok lain karena dia sudah punya Rajiv yang ganteng dan baik hati.

Seiring waktu Jo sadar si cowok selebriti itu ternyata jail luar biasa. Sebut saja: menciptakan berbagai olok-olok ajaib sampai mengerek baju renang di tiang bendera. Hm, awalnya lucu sih, tapi lama-lama kok norak ya. Apalagi kalau kamu yang dikerjain. Please deh, lucunya di mana sih?

Parahnya, Sally—sahabat sejati Jo yang sangat memuja Izzy—justru dikerjai oleh Izzy sampai masa depannya terancam suram. Jo pengin menyelamatkannya, tapi Sally justru marah dan memusuhinya. Nabila, sahabat Jo yang lain, juga dikerjai tapi mati-matian melarang Jo buat mengadu.

Aduh, masalah seolah tak ada habisnya. Hubungan Jo dengan Rajiv gonjang-ganjing karena Mama melarang Jo pacaran. Selain itu ada proyek besar semester ini: bikin laporan soal kelestarian sungai. Gawat! Dalam proyek ini Jo sekelompok dengan Izzy dan Sally. Bisa-bisa Jo bakal nggak dapat nilai.

Puncaknya: Rajiv, satu-satunya sahabat waras Jo, harus kuliah di Amerika.

Wow! Benar-benar semester yang gila untuk Jo. Berantakan, galau, kacau-balau, tapi tetap seru, lucu, dan penuh cinta!



*
*
*
*

Bukan Jo series kalau gak sanggup buat aku senyam-senyum sendiri dengan segala karakternya yang bikin gemas sendiri. Gak ada karakter yang sempurna di novel ini dan itu terasa lifeable banget, karena kehidupan kita memang seperti itu adanya.

Dan seperti judulnya, Episode Cinta, disini benar-benar membahasa tentang cinta. Jo dan Rajiv yang akhirnya jadian lalu teriak fansgirl sepanjang baca buku ini serta Sally yang nyebelin begitu tapi ternyata benar-benar cinta dengan Izzy meskipun Izzy nyebelin abis sumvah :"))

Tenang saja, masih ada Nadine yang nyebelin dan Tiruma yang merupakan abdi setianya kok. Masih tentang kisah remaja SMP yang mencari jati diri dan membahas tentang tema yang benar-benar dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, Bullying.

Source here

Jujur saja, bullying itu tidak baik karena aku pernah menjadi pelaku bullying serta di bullying itu sendiri, jadi aku paham bagaimana rasa kesalnya Jo yang di bully serta teman-teman terdekatnya di bully. Dan kesalahan orang-orang yang di bully adalah tidak mau cerita kepada seseorang yang bisa memberikan solusi atas masalah ini (dalam novel ini, teman-teman Jo). Namun penyelesaian masalah ini didalam novelnya sendiri menurutku bagus dan mungkin bisa membantu orang-orang yang mengalami bullying oleh orang-orang disekitarnya.

Mari kita galakkan "STOP BULLYING!!!"
Source here


Source here

Lima bintang dari lima bintang untuk pesan moral yang ingin disampaikan, fansgirlingan karena akhirnya Jo dan Rajiv jadian serta Sally yang nyebelin tapi gak bisa dibenci sebagai sahabat Jo ;)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku