Senin, 22 Desember 2014

Comic Reading Challenge 2015

Souce here. Edited by me

Hallo semuanya. Sebentar lagi tahun 2015 dan kira-kira kalian sudah ada gambaran belum mau ikutan challenge apaan?


Mungkin ada beberapa yang sudah mempunyai gambaran mau ikutan challenge apa dan mungkin ada yang masih mencari. Nah, aku menawarkan salah satu challenge yang benar-benar baru. Idenya sih dari kekepoan apakah BBI memperbolehkan mereview komik (bisa di lihat di sini) dan tercetuslah challenge ini.


Di setiap challenge pasti ada peraturannya. Nah, peraturannya apa saja? Mudah kok, diantaranya:

1. Peserta berdomisili di Indonesia (agar memudahkan pengiriman hadiah nantinya).

2. Memulai membaca tanggal 1 Januari 2015 jam 00.00 sampai 31 Desember 2015 jam 23.59. Jika baru tahu challenge ini saat challenge sudah berlangsung, boleh ikut sebelum tanggal 9 September 2015. Digabungkan dengan challenge lain tidak masalah. 

3. Memposting challenge ini ke blognya dan link direct ke blog ini serta memasang banner di blogscroll. 

4. Di akhir tahun akan diundi siapa yang bisa menyelesaikan challenge ini per kategori. Masing-masing akan mendapatkan hadiah uang tunai 50 ribu yang akan dikirimkan ke rekening masing-masingヽ(*・ω・)ノ (karena kalau mengirimkan paket komik takutnya pada sudah punya komik itu). Pengundian menggunakan random.org dan pengumuman pemenang pada minggu pertama bulan Januari 2016

5. Jenis-jenis kategori dalam challenge ini :
  • Rookie : 18 - 50 komik
  • Ultimate : 51 - 99 komik
  • Supernova : > 100 komik

Dan nanti jika kamu memilih kategori 'Rookie' namun ternyata bisa tembus ke 'Ultimate', silahkan melapor padaku. Namun jika ada yang tidak melapor tapi aku melihat dia telah melewati kategori yang dia ajukan di awal, maka aku akan menggugurkannya.  Aku strick soal peraturan sih, haghaghag.

Pelaporan kenaikan kategori ke smeileng18@gmail.com

6. Komik harus yang paperback/Ebook. Membaca di website manga gratis tidak akan dihitung. Setiap postingan harus ada foto komik yang dibaca (paperback) atau screen capture (Ebook). 

7. Mencantumkan label Comic Reading Challenge di setiap postingan agar lebih mudah di data. 

8. Mengisi formulir Google Sheet dibawah ini sebagai persetujuan bahwa kalian berpartisipasi pada challenge ini



Untuk list peserta + progress masing-masing peserta bisa dilihat di sini

9. Aku berhak mengugurkan peserta yang ketahuan melanggar peraturan challenge ini.

10. Untuk penyubmitan link blog yang mengikuti challenge ini, silahkan mengisi di bawah ini:
(Note: Saya merubah cara penyubmitannya ke Google Sheet lagi karena Mister Linky saya tidak bisa diperbaiki. Dan review sebelumnya tetap saya hitung serta saya sudah masukkan ke sheet khusus)


Format: Nama - Judul Komik



Jika masih ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya padaku. Jangan takut dibilang kepo, daripada nanti tersesat di jalan bernama kehidupan (itu perkataan Kakashi plz) wkwkwkwk :p


Ditunggu partisipasi kalian semua. Hadiahnya lumayan lho, bisa buat nambah koleksi novelnya atau mungkin malah komiknya. Dan berdoa saja semoga ada yang mau mensponsori sehingga hadianya semakin besar :p


FAQ

Q: Apakah komik yang saya tulis reviewnya boleh re-read atau harus pure komik yang baru saya punyai?
A: Re-read dipersilahkan, asalkan postingan itu belum pernah dipostingkan di blog bersangkutan.

Q: Apakah saya boleh mereview banyak komik sekaliggus dalam satu postingan atau satu postingan satu komik?
A: Satu postingan harus untuk satu komik. Karena aku hitung per postingan, jadi meskipun satu postingan mereview sepuluh komik sekaligus, ya tetap aku hitung satu komik.

Q: Novel Grafis itu masuk komik atau novel?
A: Menurut beberapa sumber yang aku baca, Novel Gravis itu masih termasuk dalam komik. Namun perbedaanya dari komik biasa adalah kertas yang digunakan untuk mencetak novel tersebut lebih bagus dari komik biasa, full colour (meskipun ada beberapa komik yang hanya menggunakan warna spesifik agar grafiknya lebih nyata), sasaran pembacanya untuk orang dewasa karena tema yang diangkat cenderung susah untuk dicerna dan memiliki ketebalan lebih dari 50 halaman (biasanya sih per buku bisa sampai ratusan halaman).

Q: Jika saya mereview komik yang berjumlah 10 volume (dengan catatan satu volume saya review per satu postingan), apakah postingan saya dihitung satu komik saja atau seluruh volume yang saya postingan itu masuk hitungan juga?
A: Jadi jika kamu mau mereview semua komik serial yang kamu punya, boleh saja kok karena aku menghitungnya per postingan. Tapi jika kamu punya komik 10 volume & memposting 10 review yang isinya sama semua, aku berhak untuk menghapus semua link yang dikirimkan + aku diskualifikasi dari challenge ini. Sudah aku bilang bukan, aku strick soal peraturan 

Q: Apa saya boleh mereview komik dari Eropa (seperti Tintin)?
A: Selama masih wujudnya komik, aku perbolehkan. Bukan berarti saya hanya membatasi komik jenis-jenis yang aku postingkan di sini, tapi selama wujudnya masih komik boleh saja kok. Kan ada komik dari Eropa, Amerika dan bahkan Indonesia itu dan boleh diikutkan challenge ini. Salah satu tujuan dibuat challenge ini sebenarnya untuk aku lebih tahu komik-komik dari negara lain selain Asia ^^

Q: Pada akhir tahun apa saya harus membuat Wrap Up berapa banyak bacaan / postingan yang saya poskan?
A: Sebenarnya ini tidak wajib, tapi kalau kalian rajin atau kasihan sama aku biar gak kerepotan cari link, hahaha boleh membuat Wrap Up. Karena sebenarnya, aku sudah mewajibkan para peserta untuk memberikan label postingannya Comic Reading Challenge yang berfungsi sebagai mendata seberapa banyak postingan yang dibuat pada tahun 2015 ini.

39 komentar:

  1. Waah kebetulan banget ada challenge ini. Mumpung tumpukan komik masih banyak. Ikutan aah hehe. Btw mau nanya, yg data di formulir, bagian "Banner yang ditempatkan pada blogroll" itu diisi apa ya? Kok saya bingung. Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alamat blog kamu. Nanti aku periksa di blogroll kamu ada pasang apa enggak :)

      Kalo ada pertanyaan yang lain silahkan tanya lagi yaa ^^

      Hapus
    2. Ooh jadi isiannya sama kayak bagian "Link blog yang digunakan untuk mengikuti challege ini" ya? Baiklah. Oh iya nanya lagi, kalo mau lapor naik kategori lewat mana ya? Ngisi form lagi atau komen di postingan ini aja? Hehe thanks Mbak Shen *brb bikin masterpost* :D

      Hapus
    3. Iya :)

      Untuk pelaperan, lewat email smeileng18@gmail.com
      Nanti bakalan dikasihi instruksi lebih lanjut bagaimana cara perubahannya

      Hapus
    4. oh oke sip. ehm maaf boleh koreksi sedikit? kayaknya yang bener challenge deh, bukan challege hehe :D

      Hapus
    5. Ah iya, typo terus deh aku -_-

      Nanti aku benerin. Makasih atas koreksinya :)

      Hapus
    6. Oh iya, ada sedikit edit di sini. Silahkan di baca ulang ya ^^

      Hapus
  2. Hai, salam kenal!
    Mau tanya kalau komiknya itu re-read boleh gak? Atau harus yang bener-bener baru mau dibaca? Terus, setiap habis baca harus selalu posting review atau gimana? Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Re-read boleh, asalkan ada reviewnya :)

      Pokoknya nanti ada reviewnya, karena aku hitungnya review yang kalian posting. Soal nulis review setelah selesai baca atau delay beberapa hari baru ditulis reviewnya gak masalah. Asalkan mencapai target review yang dipilih. Kan pasti kalian punya kesibukan masing-masing :)

      Kalau ada yang mau ditanyakan lagi jangan sungkan ^^

      Hapus
    2. Nah, misalnya kalau review-nya dalam satu postingan isinya langsung review 3 komik bolehkah? Atau ada aturan harus satu komik satu postingan review?

      Hapus
    3. Satu postingan harus satu komik. Soalnya kalo aku pribadi baca review yang langsung banyak buku dalam satu postingan itu ... Bingung jatuhnya '_')

      Kan hitungnya per postingan. Jadi biarpun kamu reviewnya 3 komik sekaligus tapi dalam satu postingan, aku hitungnya ya 1 postingan dan kamu aku anggap baca 1 komik

      Hapus
    4. Oke, makasih, Kak! Udah ikutan ya, semoga sukses sampai akhir tahun, hehe.

      Hapus
    5. Kak, gak ada update peserta ya? Biar bisa tau siapa aja yang ikut challenge-nya, biar sekalian bisa blog-walking.

      Hapus
  3. kalau novel grafis, termasuk komik gak mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama, biar saya luruskan satu hal. Saya perempuan tulen.

      Novel grafis masuk komik, jadi bisa mengikuti challenge ini. Semoga jawaban saya membantu dan jika ada yang ditanyakan lagi silahkan ditanyakan :)

      Hapus
    2. Menurut beberapa sumber yang aku baca, Novel Gravis itu masih termasuk dalam komik. Namun perbedaanya dari komik biasa adalah kertas yang digunakan untuk mencetak novel tersebut lebih bagus dari komik biasa, full colour (meskipun ada beberapa komik yang hanya menggunakan warna spesifik agar grafiknya lebih nyata), sasaran pembacanya untuk orang dewasa karena tema yang diangkat cenderung susah untuk dicerna dan memiliki ketebalan lebih dari 50 halaman (biasanya sih per buku bisa sampai ratusan halaman).

      Hapus
  4. mbak, tanya. itu yang dimaksud rockie, ultimate dst parameternya jumlah komik (yaitu termasuk jumlah volume) atau dihitung per judul? misal nih, komik A ada 10 volume, trus komik B ada 5 volume, maka dihitungnya jadi 2 komik atau 15 komik? pengen ikut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo misalnya komiknya seri (misalnya 10 volume), maka aku hitung itu 10. Karena tiap volume pasti beda kan reviewnya? Tapi kalo aku baca dari volume satu sampai volume 10 reviewnya cuma copas, ya aku hapus semua link yang dia kirim dan aku diskualifikasi.

      Ya, Rookie dan teman-temannya adalah parammeter komik yang di buat reviewnya :)

      Hapus
  5. Halo! Mau nanya, menyusul pertanyaan sebelumnya, kalo misalnya nih 1 judul ada 10 volume. Nah kalo mau 1 posting untuk review volume 1-4, lalu 1 postingan berikutnya untuk review volume 5-7, 1 postingan terakhir untuk review vol 8-10, bolehkah? Jadi diitungnya 3, gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, cuma tiga :)

      saya hitung per postingan. Postingan = jumlah komik yang saya anggap dibaca. jadi kalopun review komik dari volume 1-3 di satu postingan, ya saya hitung kamu baca satu komik saja.

      Hapus
    2. Makasih :)
      Oh ya saya udah coba berbagai gadget, tapi semua google sheetnya ga ada :( ada link/alternatif lain buat daftar?

      Hapus
    3. Wah gak ada alternatif lain sayangnya ^^
      Di coba lagi aja, soalnya link yang aku pakai itu yang paling ringan buat di pakai diantara linky lainnya sih

      Hapus
  6. Aku ikutan ya, Mei. Boleh review komik Eropakah? Kayak Tintin. Kalo iya, aku ikutan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kok. Asal wujudnya masih komik ^^

      Hapus
  7. maaf nanya, untuk form kedua yaitu form submit link, itu diisi link setiap review yg telah dibuat kan? saya baru masukin 1 link review, tapi kok udah nggak bisa submit lagi ya (tertulis "You can only fill out this form once")? atau itu maksudnya adalah yg disetor link wrap up post? mohon pencerahannya ya :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pemberitahuannya. Aku sudah merubah settingannya agar bisa submit banyak link dan maaf atas ketidaknyamanan yang kamu alami ^^;;

      Wrap Post itu untuk akhir tahun saja

      Hapus
  8. Hi mau tanya sebelum ikutan
    Kalau semisal saya meresensi komik serial, tapi tidak urut dari vol 1, misal bikin resensi komik no. 5 nya saja. Itu boleh tidak ya?

    BalasHapus
  9. Baru tau ada RC khusus komik. Bookmark doloohhh...
    Sepertinya menarik untuk diikuti. *kebetulan timbunan komik di kamar kost banyak yang belum tersentuh* T-T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banner post di blogroll? < masih nggak ngerti sama bagian ini T-T
      Kalau bannernya ditaruh di sidebar, boleh?

      Hapus
    2. Sippp! Ikutan ya, Kak! *sungkem*

      Hapus
  10. Mau ikut tapi masih kurang ngerti sama rulesnya TuT
    misal komik A punya 10 volume, jadinya 1 volume = 1 review / 10 volume = 1 review?

    mohon pencerahannya ;u;)a

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo maaf baru membalas ini.

      Jadi begini, misalnya kamu punya komik 10 volume, kamu boleh mereview satu per satu (dengan hasil akhirnya 10 review) atau langsung review semua seri dalam satu postingan (tapi hanya dihitung satu). Kalo menurut kuantitas untuk memenuhi persyaratan, lebih bagus ambil review satu per satu daripada review semua buku dalam satu postingan.

      Tapi semua itu kembali lagi ke masing-masing orangnya :)

      Hapus
  11. kak, tahun depan ada nggak?
    kalo ikut yang sekarang, nggak bakal bisa aku, komik ku baru dikit banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kok. Tahun depan aku masih adakan lagi (dengan beberapa perubahan rules tentu saja) :D

      Hapus
  12. hehe, baru inget kalau belum bikin wrap-up post, Mei. ini linknya ya. http://resensi.ilarizky.com/2016/01/wrap-up-post-comic-reading-challenge.html tahun ini aku ikutan juga, semoga lebih rame yang ikutan ^^

    BalasHapus

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku