Senin, 01 Desember 2014

No One To Someone: The Story of Gogirl! Magazine and Friends


Judul : No One To Someone: The Story of Gogirl! Magazine and Friends
Penulis : Nina Moran
No. ISBN : 978-602-8864-82-4
Tahun Terbit : Oktober 2013
Rating : ☆☆☆☆
Sinopsis :

"What if, we can actually make it work? What if it can actually come true?"

GoGirl! lahir dari pertanyaan di atas terus menerus dipikirkan oleh Nina Moran, Anita Moran, dan Githa Moran. Three sisters yang mempunyai mimpi besar dan kecintaan tinggi terhadap majalah. It was born out full of passion on "magazinism."

Tapi setelah GoGirl! kali pertama terbit, banyak yang meramalkan majalah ini tutup setelah 4 edisi saja. But now, they proved them wrong! GoGirl! berhasil menjadi icon remaja cewek yang creatve, smart, and stylish.

Akan tetapi, semua kesuksesan itu tentu saja enggak instan. Buku itu ditulis sebagai bukti, bahwa keberhasilan itu kadang cuma terasa semenit. Dan sisanya, penuh dengan pergumulan, kerja keras, air mata, dan kemauan untuk terus maju.



*
*
*
*

Buku yang aku idamkan sejak masa SMA, namun baru kebeli sekarang. Dan ya, ini buku yang datang di saat yang tepat dan sukses merubah pandanganku soal apa yang akan aku lakukan dalam lima tahun yang akan datang. Apa yang aku lakukan untuk merubah kehidupan sebelum aku berusia 30 tahun nanti.

Mengutip sinopsis versi goodreads (yang sebenarnya beda banget sama sinopsis belakang buku aslinya):

Buku ini adalah buku inspirasi yang dibagi menjadi 2 bagian besar. Bagian pertama dari buku ini adalah cerita tentang 2 tahun pertama Moran Sisters atau Nina Moran, Anita Moran, dan Githa Moran membangun majalah Gogirl! Gogirl! sendiri adalah majalah remaja perempuan yang diprediksi akan tutup setelah 4 edisi. Tentunya Moran sisters telah membuktikan ini tidak benar karena Gogirl! sekarang sudah hampir 9 tahun berdiri. 
Bagian kedua adalah wawancara Nina Moran dengan 10 pengusaha perempuan lainnya, tujuannya adalah untuk memberikan gambaran tentang tantangan berwirausaha yang dialami oleh para pengusaha yang lain. Bagian ini sarat dengan wisdom, dan tips melalu cerita para wirausaha yang diwawancara. Lewat wawancara-wawancara kita bisa mengamati atau bahkan belajar tentang masalah kewirausahaan yang berbeda-beda dan bagaimana cara mengatasinya.


Banyak banget motivasi-motivasi yang aku dapatkan di sini, di mana aku semakin yakin menjadi entrepreneur (terlepas aku memiliki darah Cina yang selalu dikaitkan dengan selalu menjadi entrepreneur). Buku ini juga menjelaskan jika kalau kita ingin menjadi entrepreneur, kita harus menghitung semuanya dengan detil, meskipun entah kapan terwujudnya. Jangan malu membuat rancangan semuanya, karena Nina Moran and the sisters memulai semuanya hanya dari rencana yang tidak tahu kapan akan terealisasikannya.

Kita juga jangan malu untuk mengatakan mimpi itu pada orang-orang terdekat kita. Mungkin kita memang akan dicemooh, tapi kita tidak tahu jika ada beberapa orang yang mendoakan kita berhasil dengan mimpi kita dan bahkan mungkin memberikan bantuan untuk mencapai mimpi itu. Selain itu, buku ini juga menguatkan teori yang disampaikan dosenku tempo hari, jika ingin negara kita maju, jadilah seorang entrepreneur. Karena negara maju adalah negara yang 10% total penduduknya adalah seorang entrepreneur lalu merasa nulis review ini seperti curhatan.

Selain membahan Nina Moran dan GoGirl! buku ini juga membahas tentang sepuluh pengusaha lainnya dan semuanya perempuan! Yes, we prove to world if girls can do anything, just like boys :)

Lima bintang dari lima bintang. Untuk semua motivasi yang membuatku mendapatkan pencerahan apa yang harus aku lalukan sebelum usia 30 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku