Selasa, 16 Desember 2014

So, I Can Review Comic Book too?


Oke, ini bercerita betapa kudetnya diriku dimana ternyata BBI mengizinkan mereview komik. Dan itu berarti, aku juga bisa ikutan mereview anime karena kebanyakan komik kan diangkat menjadi anime :p #maumu

Source here
Dan sebelumnya, aku mau memberitahu alasanku kenapa penasaran apakah BBI mengizinkan mereview komik apa tidak. Komik di rumahku ini sangat banyak. mungkin kalau di hitung lebih dari 50 komik dan hampir semuanya merupakan sekali baca selesai. Meskipun komik macam ini semakin langka di cari akibat banyaknya komik seri yang di terjemahkan sampai-sampai aku yang capek sendiri ubek-ubek toko buku di bagian komik untuk mencari komik seperti ini. Selain itu, alasannya kenapa aku lebih menyukai komik sekali baca selesai adalah aku tidak merasa dii gantung untuk mengetahui lanjutan ceritanya. Aku bukan orang penyabar untuk masalah yang satu ini :"))

Oh iya, komik yang masuk ke Indonesia sendiri kulihat ada beberapa macam. Macam-macamnya diantaranya:
  1. Manga. Komik yang paling banyak beredar di Indonesia dan yang berasal dari Jepang. Pokoknya 80% isi toko buku Indonesia itu pasti dari yang ini. Biasanya komik jenis ini jika di adaptasi menjadi Anime.
  2. Manhwa. Komik yang berasal dari Korea Selatan dan mempunyai ciri art yang detail seperti lukisan. Semenjak banyak komik online di Korea Selatan sana diangkat menjadi Drama, Indonesia banyak menterjemahkan komik jenis ini.
  3. Manhua. Ini komik yang berasal dari Cina dan Taiwan. Pelafalannya memang hampir sama dengan manhwa (mengingat mereka satu rumpun dan satu negara sebenarnya sebelum tahun 1920-an terjadi kudeta pada Kaisar Cina yang terakhir) dan art mereka menurutku lebih cenderung mengikuti manga dan ceritanya cenderung seperti manhwa.

Mungkin aku start review komik mulai Tahun depan dan menciptakan meme 'Comic Review' deh. Dan semoga saja nanti ada yang mau ikutan ya, fufufu

1 komentar:

  1. Yey! Ditunggu review komiknya :D
    Pasti beda dengan review jenis novel gitu.

    BalasHapus

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku