Jumat, 02 Januari 2015

Annarasumanara

Source
Judul : Annarasumanara
Penulis : Ilkwon Ha
Genre : Drama & little bit Fantasy
Jenis Gambar : Mahwa (spesifiknya lagi, Graphic Novel)
Terbit : 2010
Jumlah Chapter: Prologue + 27 Chapter
Dapat di Baca : Webtoon (baik dari websitenya langsung ataupun download aplikasinya di Play Store & Apple Store)
Rating : ☆☆☆☆ 

Sinopsis (dari Website) :
Yui wanted to be a magician when she was little. But now in reality, she is a high school student who cannot even afford new socks. Since the day she met a real magician at a fair, she desperately wants to follow her dream.





*
*
*
*

Saat aku membuat Comic Reading Challege, aku mendapatkan sebuah pertanyaan yang menarik dan membuatku bolak-balik ke mbah google dari versi bahasa Indonesia sampai bahasa Inggris demi mendapatkan jawaban pertanyaan itu. Dan setelah aku menemukan jawaban itu, aku malah tiba-tiba saja teringat dengan karya yang satu ini.

Bagi yang tidak tahu pertanyaan itu, aku jelaskan saja ya. Ada seseorang yang bertanya apakah Graphic Novel itu adalah komik atau novel. Dan jawabannya ... KOMIK!

Hah?! Kok bisa? Bisa, karena menurut beberapa sumber yang aku baca, Novel Grafik itu masih termasuk dalam komik. Namun perbedaanya dari komik biasa adalah kertas yang digunakan untuk mencetak novel tersebut lebih bagus dari komik biasa, full colour (meskipun ada beberapa komik yang hanya menggunakan warna spesifik agar grafiknya lebih nyata), sasaran pembacanya untuk orang dewasa karena tema yang diangkat cenderung susah untuk dicerna dan memiliki ketebalan lebih dari 50 halaman (biasanya sih per buku bisa sampai ratusan halaman).


Penampakan manhwa ini jika di baca di website

Penampakan dari hapeku (kebetulan android)


Annarasumanara, kisah antara pesulap yang penuh misteri dan gadis SMA yang dulu memiliki mimpi sebagai seorang pesulap

Dari sinopsis yang aku baca di Webtoon, tempat dipublikasikannya manhwa ini, kisahnya tentang Yui (Tokoh utama di sini) yang waktu kecil bermimpi menjadi pesulap. Namun sekarang, saat dia SMA, dia menyadari kenyataan bahwa mimpinya itu tidak akan mungkin tercapai. Bahkan untuk membeli sepasang kaos kaki saja, Yui ini tidak mampu. Namun untung saja otak Yui ini pintar sehingga dia menjadi juara 2 di sekolahnya dan mendapatkan beasiswa di sekolahnya. Suatu hari, Yui bertemu dengan seorang pesulap ganteng yang berada di taman bermain yang sudah tidak beroperasi lagi lantaran uang hasil bekerja paruh waktunya terbang ke tempat itu. Sulap orang ganteng ini bukanlah sulap ecek-ecek yang pakai trik murahan, tapi benar-benar sulap yang membuat Yui yang melupakan mimpinya menjadi pesulap, ingin mewujudkannya lagi.

Pesulap ganteng (^/////^)
Source here


Dan kenapa aku teringat ini saat mencari Graphic Novel adalah semua pengertian yang aku tuliskan di atas berada di buku ini. Dan lagi, ceritanya ini benar-benar anti mainstream sampai-sampai aku waktu itu jejeritan alay karena bacanya mentok di chapter tujuh. Akhirnya aku yang kepo kejar baca di mangafox dan ternyata kisahnya bagus banget (meskipun nangis gegulingan di chapter dua enam dan yang terakhirnya). Kisahnya menyentuh dan gambarnya yang benar-benar nyata serta kadang terasa tiga dimensi itu membuatku tersedot ke dalam ceritanya. Tapi emang lebih puas baca langsung di website resminya ataupun buka di hape sih, karena sistemnya memanjang ke bawah sehingga terasa lebih enak untuk dibaca daripada di website manga biasa yang dipotong-potong sehingga menggurangi kesan 'magis' cerita ini.

Prologue aja sudah bikin klepek-klepek.
Source here. Edited by me

Dari pemilihan warnanyapun, aku gak bisa bohong kalau aku kira yang buat ini perempuan. Maksudku, hei! Pemilihan warnanya yang girly banget dan detail gambarnya yang benar-benar tidak terasa sedang baca komik itu bikin aku berpikiran demikian. Meskipun di dominasi oleh hitam putih, namun ada beberapa bagian dari komik ini yang berwarna ungu, kuning dan hijau (dan biasanya kalau yang berwarna begini dia tiga dimensi). Namun sepertinya pembuatnya lebih fokus ke warna hitam putih agar apa yang ingin disampaikannya ngena.

Unsur tiga dimensinya yang coba ditampilkan oleh penciptanya
source here

art tiga dimensi yang paling aku suka (iye, karena warnanya hijau :p)
source here

Jika kalian bosan baca komik yang temanya itu-iu saja, yang satu ini rekomendasi banget untuk kamu baca. Dan jika kalian pemilik hape android, beruntunglah kalian karena kalian bisa mendownload aplikasi webtoon di hape kalian (Apple & Android). Selain manga ini, di aplikasi ini masih banyak manhwa lainnya yang bisa kalian baca, mayoritas sih Romance & Slice of Life.

Dan jangan kaget saat kalian menemukan cowok yang digambar jelek banget ternyata aslinya ganteng banget. Karena penciptanya berfokus pada hubungan Yui dan pesulap ganteng, jadi tokoh lainnya entah kenapa dibuat sama penciptanya sejelek mungkin (ini masih misteri kenapa. Mungkin ada yang bisa mendapatkan jawabannya setelah membaca manhwa ini?)

11 komentar:

  1. Wahh suka baca webtoon juga ya ? hehe sama dong.
    Aku lagi on going bawa tower of god (soalnya ratingnya tinggi) hehe dan pas aku baca malah senyum2 koplak tapi itu masih di season satu sih, episodenya ampe 200an.

    oh ya btw salam kenal :)) saya lagi iseng nyari rekomendasi webtoon, eh nyasar kemari. hehe :)'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku gak baca Tower of God sih. Tapi aku suka baca Girl's in the Wild sih ^^

      Salam kenal juga

      Hapus
  2. Aku juga udah baca ini dan mewek waktu L nya pergi entah kemana:( oh ya yang Ildeung digambar aneh itu menurutku si penulis sebenarnya pengen menggambarkan beban yang dipikul si Ildeung selama ini, btw salam kenal kak! ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhu... kembalikan L kami :'( #drama

      iya sih, komiknya karena slice of life makanya dia lebih terasa seperti melihat kisah orang lain di kehidupan nyata.

      Salam kenal juga ya

      Hapus
    2. Bener2 terharu. Nyentuh banget ceritanya 😭😭😭 Ilkwon ha bikin season 2 nya dong XD

      Hapus
  3. Dr. Frost! Keren & recommended buat yg suka cerita2 psikologi gitu :)

    BalasHapus
  4. menurutku mungkin si ildeung dibuat wajahnya tinggi(?) karna awalnya dia sombong. sombong kan sm aja kyk memandang rendah orang lain jadi mungkin karna itu wajahnya dia dibuat lebih tinggi dr wajah manusia normal agar menampakkan kesan "memandang rendah org lain" . terus setelah jadi baik wajahnya dia seperti layaknya manusia normal lainnya ( + jadi ganteng wkwkwk) . pertamanya aku mikir mungkin semua org pinter digambarkan oleh si penuis seperti itu, tp pas liat flashback L pas sma ternyata salah ... jd mungkin maksud penulis kyk pertama kali yg kusebutin hihihi. smpe sekarang ga bisa move on dr manhwa ini ;____;

    BalasHapus
  5. One's of The Greatest Story by Il-kwon Ha..
    terus searching Season 2 nya.. hiks.. pengen banget dilanjut kisah L dan Ai nya.. knp gak dibuat happy ending ajjah mereka akhirnya jd duo pesulap TT__TT masih gak rela tamat neeh..
    udah pada baca komik Il-kwon Ha yang Duty after School gak? unik juga kisahnya.. beda sama webtoon laen..
    emang keren yaah cerita2 karangan Il-Kwon Ha.. yang God of Bath juga sukses bikin aku ngakak meski lagi2 dgn ending yang menggantung kayak Annarasumanara

    BalasHapus
  6. Anarasumaru bikin aku nangis banget. Masi banyak misteri yg aku binggung, tentang L yg seperti bisa mendengar suara hati Ai bilah dlm kesusahan. Mengerti akan apa yang di alami Ai, dan tentang uang yang bisa jadi dua.(jadi uang beneran) serta, siapa anak kecil yang menggambarkan Ai saad L menyihirnya seakan kembali di masalalu. Dan yang paling membingungkan,
    Apa maksud L dengan "aku menyukaimu" saad seri di mana Ai menjauh sama L.
    Saya sangat berharap akan ada tambahan seri untuk lebih memuaskan para pembaca Anarasumaru, baik tentang Bagaimana Perasaan L sama Ai??? Dan apakah salju yang turun itu hanyalah sebuah trik? Apakah Ai benar benar membuat L menghilang, dan bukan malah mendorongnya? Sama seperti yg di alami bos?
    Andaikan saja ada seri tambahan buat memperjelas :(

    BalasHapus
  7. wah iya aku suka juga tuh sama part 3D nya di annarasumanara, so unique... cerita2 manhwa buatannya pun sarat akan makna. one of my fav komikus👍 mungkin cerita2 yg menggantung itu diserahkan pada imajinasi pembaca 😂 kalo menurut aku L mungkin lagi diterapi hehe.. dan mungkin yun ai akhirnya sama ildeung.. (ending versiku 😂). kalo yg God of bath itu spertinya memang akhirnya heo se memutuskan utk kembali jadi taemiri..

    BalasHapus
  8. wah iya aku suka juga tuh sama part 3D nya di annarasumanara, so unique... cerita2 manhwa buatannya pun sarat akan makna. one of my fav komikus👍 mungkin cerita2 yg menggantung itu diserahkan pada imajinasi pembaca 😂 kalo menurut aku L mungkin lagi diterapi hehe.. dan mungkin yun ai akhirnya sama ildeung.. (ending versiku 😂). kalo yg God of bath itu spertinya memang akhirnya heo se memutuskan utk kembali jadi taemiri..

    BalasHapus

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku