Jumat, 23 Januari 2015

GRI Readathon Day

Source here

Tadi aku buka Goodreads dan berencana untuk mengupdate shelve sekalian mencari gambar komik-komik yang aku punya untuk bahan postingan saat menemukan ini. Dan setelah dibaca, aku rasa menarik sehingga aku ikut meramaikan serta sekalian promosi kemari. Siapa tahu ada yang gak tahu dengan event ini kan :D


Megutip artikel di Goodreads, inilah hal-hal yang dimaksud GRI Readthon 2015:

Mungkin pembaca ada yang bertanya-tanya ketika membaca judul thread ini, apa itu Readathon Day?
Readathon berasal dari gabungan 2 kata, yaitu Read (membaca) dan Marathon (lomba lari jarak jauh). Jadi, Readathon adalah saat di mana kita harus membaca buku dalam jangka waktu tertentu, tanpa berhenti.
Dan di awal tahun ini, Goodreads.com bekerja sama dengan National Book Foundation, sebuah organisasi literasi di Amerika Serikat, untuk mengadakan Readathon pada tanggal 24 Januari 2015 nanti, mulai pukul 12 siang hingga pukul 4 sore waktu setempat. Postingan lengkap mengenai hal tersebut, bisa anda lihat pada link berikut.
Bagi Goodreaders yang pengen ikutan, langsung saja buka tautan berikut, dan pilih buku yang akan anda baca pada tanggal 24 Januari 2015. Selanjutnya, Goodreads akan secara otomatis membuat sebuah shelf bernama "readathon-day-2015", dan memasukkan buku yang anda akan baca ke dalam shelf tersebut. Anda pun bisa menambahkan buku-buku lain ke dalamnya, jika anda ingin membaca lebih dari 1 buku.
Sayangnya, event tersebut hanyalah event berskala nasional, yang tidak bisa dilakukan serentak di seluruh dunia karena perbedaan waktu antara berbagai negara di dunia.
Tapi Goodreaders jangan kecewa, karena Goodreads Indonesia memutuskan untuk mengadaptasi Readathon Day tersebut menjadi GRI Readathon Day 2015. Bagaimana cara mengikutinya, simak postingan di bawah ini. 
1. Pilih buku yang ingin anda baca pada hari Sabtu, tanggal 24 Januar1 2015, pukul 12:00 hingga 16:00 Waktu Indonesia Barat (WIB) 
2. Masukkan buku yang ingin anda baca tersebut ke dalam shelf "readathon-day-2015", seperti yang dijelaskan di link berikut. Atau anda bisa juga membuat shelf tersebut secara manual. 
3. Sebutkan buku yang ingin anda baca tersebut di thread ini. Jumlah buku bebas.Contoh : "Saya membaca The Rainmaker - John Grisham" 
4. Baca buku atau buku-buku tersebut pada waktu yang telah disebutkan di atas. 
5. Setelah lewat pukul 16:00 WIB, berhentilah membaca buku tersebut, dan langsung update atau edit komentar kamu di thread ini dengan tambahan jumlah halaman yang berhasil kamu baca dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Tak masalah buku itu berhasil kamu selesaikan atau tidak.Contoh : "Saya membaca The Rainmaker - John Grisham (271 halaman)" 
6. Setelah itu, kirimkan tweet yang serupa dengan komentar di atas dengan mention @bacaituseruplus hashtag #timetoread.Contoh : "Saya berhasil membaca 271 halaman buku The Rainmaker karya John Grisham @bacaituseru #timetoread" 


Dan karena aku tipikal suka membaca, jadinya aku membuat list dimana aku lebih banyak membaca komik dan hanya ada satu novel yang aku ikutkan untuk ini. List-nya antara lain:

Komik 
  1. Dream Love - Anashin
  2. My Handsome Brothers - Shiraishi Yuki
  3. Post Boyfriend - Shiraishi Yuki
  4. Honey and Butterfly - Alto Yukimura
  5. I Got The Girl - Yagami Rina
  6. Moon's Fever - Ozaki Ira
  7. My Loving Doctor - Kawamaru Shin
  8. Gorgeous Doctor - Kawamaru Shin
  9. My Nerdy Girl - Aikawa Saki
  10. Lil Sis - Makoto Tateno 
Novel 
  1. Phobia - Jenny Thalia Faurine dkk

Doakan saja semuanya bisa direview secepatnya ya karena aku yakin bisa selesai membacanya tetapi tidak untuk mereviewnya.



UPDATE

Setelah melakukan challenge ini, ternyata aku berhasil membaca semuanya + novel As Seen On TV sampai halam 203 (karena aku sudah sempat baca sampai halaman 70-an sih & tinggal dilanjutkan). Review semua bacaanku akan kuusahakan secepatnya.

2 komentar:

  1. waw, cepet banget bacanya, Mei. 10 komik dalam 4 jam. :D
    kalo aku masih satu jam-an. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya kebiasaan baca cepat sih sejak dulu XD

      Hapus

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku