Selasa, 24 Februari 2015

Opini Bareng : Karakter Tokoh Utama

Edited by me. Source here


Sudah bulan Februari dan itu berarti Opini Bareng kali ini bertemakan Karakter Tokoh UtamaPernah gak kalian 'sangat' mencintai ataupun membenci suatu karakter utama? Well, sebenarnya aku ini bukan tipikal orang yang bakalan bisa dibuat senang dengan karakter utama dan lebih sering nyerong ke karakter sampingan. Entah kenapa, kadang karakter utama suatu novel terkadang bisa sangat menjengkelkan bagiku dan semua bacaanku karakter utamanya orang baik. Ada yang bisa merekomendasikan buku yang karakter utamanya adalah seorang villain dan bukan hero or heroine? Kayaknya yang beginian belum ada deh


Menulis cerita itu memang salah satu cara untuk menuangkan imajinasi yang ada di kepala. Tapi penulis yang banyak melakukan riset untuk membuat semuanya masuk akal itu jauh lebih menyenangkan daripada menulis asal jadi saja. Semua orang bisa menulis, tapi tidak semua orang mau bersabar untuk melakukan riset agar semua yang ditulisnya menjadi terasa hidup. Dan berikut ini beberapa hal yang aku harapkan saat mulai membaca suatu cerita.






1. Realistis
Rasanya aku tidak bisa bertahan dari suatu cerita kalau tokohnya tidak memiliki hal ini. Tidak ada yang sempurna di dunia ini dan jika aku menemukan tokoh yang too perfect to be true, maka biasanya aku memilih untuk menutup buku yang tengah aku baca dan mengembalikan buku tersebut ke rak buku. Kalaupun tetap lanjut aku baca, tokoh utamanya sudah aku beri label tokoh yang aku tidak sukai.



2. Kepribadian
Biasanya sih, karakter tokoh utama itu digambarkan sebagai orang yang 'paling' dalam beberapa hal (entah baik, ceroboh, cantik dan lain sebagainya). Namun aku menyukai kepribadian tokoh utama yang tergambar kuat. Aku tidak mempermasalahkan tokoh utama menjadi protagonis ataupun antagonis, selama gambaran kepribadiannya masuk akal.




3. Perkembangan Karakter
Gak munafik kalau ini juga yang aku cari saat membaca suatu cerita. Aku paling gak suka dengan tokoh utama yang tiba-tiba berubah tanpa penjelasan yang memadai. Karena semua hal di dunia ini pasti terjadi karena hukum sebab-akibat 

Yah, bagiku cuma tiga hal mendasar ini saja yang dibutuhkan tokoh utama suatu buku agar aku sukai. Tapi kenyataanya, dari banyak buku yang aku baca sedikit sekali yang bisa membuatku menyukai tokoh utama. Seringnya aku lebih suka dengan tokoh sampingan atau malah tokoh yang tidak di notice keberadaanya oleh pembaca lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku