Jumat, 27 Februari 2015

Style

Ketika kepingan masa lalu menguak kalbu
Judul: Style
Penulis: Baek Young Ok
No ISBN: 9786028811927
Tahun Terbit: Oktober 2012
Jumlah Halaman: 380 halaman
Rating: ☆☆☆ ½
Jenis: paperback
Penerbit: Bentang Pustaka
Sinopsis:
Aku sekarang menyandang status baru. Lee Seo Jung, seorang jurnalis majalah fesyen terkenal di Korea Selatan. Karier impianku benar-benar tercapai. Tetapi kenyataannya, ingin rasanya kuajukan permohonan resign setiap mendengar Kepala Editor, Park Gi Ja, menyuruhku ini-itu dengan kearogansiannya.

Semua jadi makin runyam ketika pekerjaan ini menuntutku bertemu dengan Park Woo Jin. Sosok pria menyebalkan yang meninggalkanku 7 tahun lalu. Sang kolumnis “Doktor Restoran” yang sok misterius.

Seharusnya ini bisa menjadi saatku untuk balas dendam. Tetapi lagi-lagi dia justru makin menyebalkan dengan mempersulit pekerjaan pentingku. Ah ... semoga aku segera terbebas dari neraka ini.




Jadi bulan ini tema Baca Bareng BBI adalah tentang 'Pekerjaan'. Dan aku paling menunggu-nunggu kesempatan untuk menuliskan hal ini. Aku sejak kemarin ingin mereview buku ini secapatnya karena buku ini sudah diangkat menjadi drama Korea sepanjang 16 episode yang judulnya sama dengan novel ini, Style. Bisa di buka di sini untuk mendapatkan keterangan lebih jelas tentang dramanya.

cover versi Korea
Novel ini dibuka dengan tokoh perempuannya yang tengah memengang gelas hot coffe sembari menjelaskan keadaan sekitarnya, usianya yang sudah 31 tahun—yang harus tampak seperti  berusia 21 tahun setelah mandi dan pekerjaanya. Tokoh utama ini bernama Lee Seo Jung dan tinggal bersama temannya yang bernama Eun Yeoung. Eun Yeoung ini sudah berkali-kali menasehati Seo Jung untuk berhenti merokok—yang selalu menemukan alasan untuk menjawab temannya itu. Seo Jung bekerja di majalah fashion sebagai tim pitcher, dimana majalah fashion tempatnya bekerja terdiri dari tiga tim utama yaitu tim beauty, tim pitcher dan tim fashion. Dan pekerjaan Seo Jung itu tidaklah semenyenangkan yang orang-orang duga, karena pekerjaanya itu menuntutnya untuk terlihat kurus—yang tidak begitu manusiawi.

Pekerjaan yang berat, kepala editor yang menyebalkan—yang dijulukinya sebagai penyihir, ibu yang selalu menuntut untuk menjadi perempuan yang sempurna agar tidak mempermalukan keluarga, menyukai rekan satu kantor—yang ternyata adalah seorang gay, fashion yang sebenarnya tidak membuatnya nyaman namun 'harus' dikenakan agar terlihat trendi, gosip yang kecepatan menyebarnya mengalahkan cahaya dan masa lalu yang selalu menghantui Seo Jung. Khusus untuk masa lalu Seo Jung, salah satunya adalah dia harus menghadapi Woo Jin yang sangat dibencinya karena meninggalkannya saat pertemuan mereka selama 50 menit—yang alasannya mau pergi ke toilet tapi tidak kunjung kembali sehingga membuat Seo Jung herus membayar pesanan Woo Jin. Penyelesaian cerita ini menurutku cukup memuaskan.


"Siapa itu Tuhan? Dia yang pasti kita cari kali pertama saat kita butuh bantuan, kan? Tuhan muncul pada saat itu."—hlm 82

Yang aku sukai dari novel ini adalah karakter Seo Jung yang menggambarkan kehidupan perempuan lajang yang memilih untuk fokus pada banyak hal daripada hanya memikirkan tentang jodoh. Sebenarnya aku bahkan tidak membenci satupun tokoh-tokoh yang menjad bagian dari cerita ini. Park Gi Ja, editor yang dibilang Seo Jung sebagai penyihir menurutku jauh lebih powerfull daripada versi drama Koreanya.

Untuk kekurangannya sendiri, terjemahannya yang bisa aku bilang membuatku pusing pada sepertiga buku pertamanya. Tapi aku gak bisa sampai hati untuk memberikan satu atau dua bintang pada cerita ini entah kenapa.Kalau membaca cerita inni benar-benar fokus, sebenarnya bisa saja menikmati buku ini dan buku ini jauuuh lebih bagus daripada versi dramanya. Tokoh utama di drama Korea itu menurutku terlalu lemah dan jalan ceritanya benar-benar tidak mirip dengan novelnya.

Kenangan yang tidak bisa terlupakan ini seperti berkat dari Tuhan yang mengisi kehidupan ini.—hlm 190
source here
  


Ah iya, mengenai drama Koreanya, jujur saja aku kecewa dengan karakter tokoh utama yang terlalu lembek. Dan endingnya yang samasekali berbeda dengan aslinya. Tapi meskipun begitu, aku tidak bisa membenci versi dramanya maupun versi novelnyawell, kecuali bagian terjemahan novelnya yang kurang bagus. Tiga setengah bintang dari lima bintang. Direkomendasikan untuk orang-orang yang penasaran dengan dinamika perusahaan majalah fashion dan juga tentang tidak melarikan diri dari masa lalumu.


Kehidupan adalah masalah yang rumit untuk diselesaikan. Untuk mencari jawabannya, banyak usaha yang diperlukan dan semuanya terasa membingungkan. Tidak ada seorang pun yang bisa menggantikan untuk menyelesaikan masalah ini.—hlm373

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku