Senin, 06 April 2015

Heart to Heart: Agatha Barbara


Halo semuanya, Kali ini aku membawakan line postingan baru yang bernama Heart to Heart (H2H). Jadi ini adalah sebuah postingan (yang aku harap akan rutin mengisi blog ini) tentang penulis sebuah novel. Kalian kadang penasaran gak sih sama penulis novel-novel yang semakin hari semakin banyak ini? Gimana sih mereka bisa sampai menerbitkan novel mereka? Di sini mungkin menjawab rasa penasaran kalian.

Memang ada beberapa blog yang mengadakan hal ini, tapi biasanya itu dibarengi dengan giveaway juga. Kalau aku sendiri, mewawancarai penulis-penulis ini belum tentu mengadakan giveaway karya mereka tapi aku selalu berusaha nyepik penulisnya kok biar mau berbagi rejeki untuk kita, haha. Tujuannya sih biar bisa memotivasi orang-orang yang ingin melangkah lebih dalam dunia perbukuan. Yang tadinya hanya pembaca, mungkin setelah membaca line baru ini tergerak untuk menjadi penulis dan menerbitkan bukunya sendiri.

Dan penulis pertama yang menjadi narasumber line ini adalah Agata Tashia (yang di novelnya tertulis Agata Barbara). Dia kebetulan baru menerbitkan novel yang rilis hari ini, 6 April 2015 yang merupakan salah satu pemenang YARN (Young Adult Realistic Novel) yang diadakan oleh Ice Cube.


Hai Agata, terima kasih sudah memberikanku kesempatan untuk menjadikanmu sebagai narasumber ya. Meskipun kita berdua sudah saling mengenal, tapi perkenalkan dirimu dong. Dan biar fair, aku perkenalkan diriku dulu ya. Namaku Shen Meileng, sekarang tinggal di Balikpapan dan kuliah di jurusan Teknik Perminyakan.

Hahaha ... sama-sama Mei. Aku yang seharusnya berterima kasih karena sudah diberikan kesempatan ini. Namaku Agata Tashia. Lahir di Jakarta, tinggal di Bangka Belitung dari balita sampai umur 14 tahun. Pas umur 14 tahun (setelah lulus SMP), aku di kirim ke Singapura. Sekarang aku kuliah di jurusan Bisnis Logistik Operation, hehehe.

Wah kuliah di Singapura ya. Pantas saja novelmu berjudul "Singapore Begins". Ngomong-ngomong YARN nih, maksudnya YARN itu apaan sih?

Hahaha... YARN sendiri itu kepanjangan dari Young Adult Realistic Novel. Gampangnya, cerita yang dialami remaja yang gak (boleh) lebay.

Oh gitu. Yang aku tahu, info tentang YARN itu pertama kali dari facebook. Dan saat penulisan "Singapore Begins" itu Agata berada di Indonesia atau di Singapura? Berapa lama naskahnya selesai dan dikirimkan ke Jakarta? Lalu prosesnya naskah ini menjadi buku berapa bulan?

Penampakan cover bukunya

Sama dong! Aku juga tahu infonya dapat dari facebook, hahaha. Aku nulis ini pas di Singapura, lagi kuliah, pas ujian pula, hahaha :))

Oh iya soal berapa lama pengerjaan naskah, karena waktu itu aku sedang ujian jadi aku menulis cerita ini hanya 5 hari saja. Kebut :p

Butuh waktu 3 bulan sampai pengumuman pemenang dikasih tahu. Batas waktu pengiriman September, Desember keluar pemenangnya. Dan yaah prosesnya sampai bukunya keluar ... 4 bulan, hahaha, Kata temanku yang tulis, rata-rata buku memang butuh waktu waktu 6 - 12 bulan dari naskah mentah sampai terbit menjadi buku. 

Waw 5 hari aja naskahnya sudah jadi? Hebat banget *tepuk tangan* Ngomong-ngomong, idenya sendiri di dapatkan darimana? Dari teman-teman sekitar atau dari hal lain? Lalu bisa ceritakan bagaimana naskah mulai pertama kali nulis sampai dikirimkan ke penerbit?

Emm ... hahaha.

Aku sebenarnya sudah punya idenya nulis tema persahabatan dari dulu. Ide dasarnya sudah ada lah, jadi pas banget YARN muncul dengan tema yang aku miliki. Jadi aku langsung tulis idenya dan merubah sedikit, hahaha. 

Aku beruntung karena beberapa adegan dari naskah tersebut berasal dari pengalamanku sendiri. Jadi Singapor Begin itu 30% berasal dari kejadian nyata, LOL.

Sejak awal aku sudah agak positif naskah ini bakalan keterima. Soalnya semakin 'aneh' naskahnya (idenya jarang ada), semakin besar peluangnya untuk keterima. Jadi saranku, kalau bisa cari ide yang tidak biasa.

Dari semua tokoh di "Singapore Begins", yang mana yang paling berkesan untukmu? Lalu apakah orang orang terdekatmu tahu kalau kamu menulis novel dan bagaimana reaksi mereka? 

Yang berkesan? Emm ... semuanya berkesan sih, soalnya masing-masing karakter membawa sedikit karakterku #plak Tapi kalau dipaksa, aku bakalan bilang, "of course para cowoknya!!!"
Ada dua cowok yang aku kasih peran 'romantis' dan dua-duanya terinspirasi dari cowok ganteng yang ada di tempat kuliahku. Hahaha ... jadi malu (^////^) #plak

Reaksi orang terdekat: teman-temanku serta keluargaku mengucapkan selamat. Yang paling exited itu mamaku, sampai heboh sendiri dan mau ikut-ikutan mamanya Raditiya Dika yang beli novel anaknya sampai 100 biji lalu dibagikan ke orang-orang, hahaha. Aku bilang jangan, tunggu gak laku dulu baru begitu XD

Wah semakin penasaran buat baca bukunya, apalagi soal karakter cowok romantis. Mamamu exited banget ya sampai mau beli 100 ekslempar lalu bagiin ke orang-orang terus berharap yang nulis ini dan pembaca dibagiin bukunya, hahaha. Oh iya, karena saat wawancara ini bukunya belum terbit, apa yang ingin kamu sampaikan kepada orang-orang untuk tertarik membeli bukumu?

Hahaha ... semoga kamu membaca secepatnya ya.

Emm ... daripada aku mempromosikan bukuku, sepertinya aku lebih ingin mengucapkan terima kasih kepada Ice Cube karena telah memberikanku kesempatan untuk menerbitkan buku lewat lomba YARN. Terima kasih kepada juri lomba dan juga editorku yang memilih novelku diantara berbagai naskah. Mereka bilang naskahnya menarik, ada humornya, ada moral valuablenya :)

Jadi yaah seperti itu, hahaha. 

Agata terima kasih sudah mau diwawancarai olehku. Semoga novelmu menjadi best seller ya ^^

Sama-sama Mei. Terima kasih atas doanya ya dan kamu kapan menyusul?
*mbak, ini terlalu jleb dan tidak bisa terjawab*


Sekian perkenalannya dengan Agata Barbara dan semoga novel "Singapore Begin" menjadi best seller ya. Kalau kalian ingin berkenalan dengannya, bisa mencari di facebook Agata Tashia atau Twitter @Agata_Darell.

Sampai jumpa di posringan H2H selanjutnya ya ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku