Senin, 27 April 2015

Panduan Resmi Hak Cipta

Judul: Panduan Resmi Hak Cipta
Penulis: Tim Visi Yustisia
No ISBN: 9789790652385
Tahun Terbit: 2015
Jumlah Halaman: xii + 184 halaman
Rating: ☆☆☆
Jenis: paperback
Penerbit: Visi Media Pustaka
Sinopsis:
Kreativitas masyarakat Indonesia bertebaran di aneka bidang, dari musik, film, fashion, tari, lukisan, tulisan, makanan, sampai teknologi. Karya yang dihasilkan pun luar biasa. Tidak hanya dikagumi warga Indonesia, tetapi juga warga dunia. Hasil karya tersebut sejatinya menumbuhkan suatu penghargaan, sehingga antara lain dapat meningkatkan perekonomian. Namun, hasil kreativitas ini tidak terhindar dari penyelewengan, misalnya pembajakan atau pengakuan dari pihak lain. Hal ini tentu saja merugikan pemilik karya bahkan negara, baik secara moral maupun ekonomi.


Oleh
 karena itu, pemerintah telah menetapkan aturan mengenai legalisasi hak cipta, dengan diberlakukannya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Tujuannya, memberikan perlindungan kepada pemilik hak cipta dan masyarakat. Undang-undang ini merupakan revisi dari undang-undang sebelumnya, dengan sejumlah penyesuaian dengan kondisi terkini. Undang-undang baru ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mendaftarkan, melindungi, dan menyelesaikan sengketa suatu karya cipta.

Buku
 ini menjabarkan secara lengkap mengenai pengertian hak cipta, objek perlindungan hak cipta, masa berlaku hak cipta, tata cara pendaftaran hak cipta, hingga pelanggaran hak cipta dan sanksi. Materi pembahasan disusun dengan bahasa sederhana berdasarkan undang-undang terkait, serta dilengkapi bagan untuk memudahkan pemahaman pembaca. Dengan demikian, sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk memahami tentang hak cipta dan pentingnya legalisasi hak cipta, terutama bagi kalangan industri kreatif.

Hngg... berapa lama aku tidak menulis review? Sepertinya lumayan lama ya. Maafkan aku yang gak update akibat praktikum yang sangat melelahkan (TT~TT)

Buku ini adalah salah satu buntelan yang aku menangkan di grup BBI. Sudah menerima buku ini sejak lama sih, tapi belum kesampaian di review akibat di balap oleh buku lainnya you don't say.

Seperti judulnya, buku ini membahas tentang hak cipta secara lengkap dan mudah dipahami. Saat paket buku ini datang, jujur saja harapanku ukuran bukunya agak kecil jadi lebih menyenangkan di baca. Apalagi foto di grup juga mendukung keyakinanku jika buku ini ukurannya 'kecil'. Tapi saat datang ke rumah.... kok bukunya seukuran novel? :O

Untuk covernya, aku suka karena colorfull dan menggambarkan apa yang akan disajikan buku ini. Ukuran tulisannya juga pas sehingga enak untuk dibaca. Aku juga sediki kecewa sih dalam buku ini ternyata tidak full color seperti covernya, tapi tidak begitu masalahlah. Mungkin yang mengganguku itu adalah banyaknya kertas berwarna abu-abu dan saat aku raba kertasnya ternyata.... kertas buram.

WHAI KERTAS BURAM? WHAI???! *insert sound alay*

Padahal aku sudah senang membaca buku ini, tapi begitu ketemu kertas buram semuanya langsung buyar. Ingatanku langsung kembali ke jaman sekolah dimana kalo ulangan pasti menggunakan kertas buram sebagai soal. Kertas suatu buku mempengaruhi minat baca loh. Meskipun isinya bagus tapi kalo kertasnya gak bagus ya.... malas baca.

Terlepas dari kertas buram itu, aku baru tahu kalau hak cipta penulis itu selama dia hidup ditambah 70 tahun setelah penulisnya meninggal. Dan baca ini langsung connect ke retelling yang dibukukan berdasarkan karya penulis yang sudah lampau. Contohnya yang paling gampang sih Pride and Prejustice yang banyak diretelling sama penulis jaman sekarang.

Buku ini bisa dipelajari oleh siapa saja karena isinya yang informatif. Mungkin kalau cetak ulang, baiknya dibuat full color atau tidak, bagian warna abu-abu itu bisa diganti dengan warna lain karena warna abu-abu itu terasa suram bacanya.

XOXO, Cheen
(Shen Meileng)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku