Rabu, 09 September 2015

Sing-Py, Single Happy + Giveaway

Judul: Sing-Py, Single Happy
Pengarang: Dedew
No ISBN: 978
Jumlah Halaman: 248 halaman
Tahun Terbit: Juni 2015
Rating: 
☆☆
Jenis: Paperback
Penerbit: Loveable
Sinopsis:

“Ran, emang rencana kamu ke depan tuh apa? Mau balik lagi jadi orang kantoran?”

“Nggak, Bu. Rania tuh mau bikin kos. Tapi, khusus untuk cewek jomblo. Rania pengin ajarin anak-anak gadis bertahan hidup di dunia keras. Pengin bikin Kos Jomblo biar Rania dan cewek-cewek kos nggak diganggu hidung belang.”

Terbentuk KOS JOMBLO yang dikomandani Rania, cewek yang sakit hati dengan cowok yang namanya Anto, si manja, pengangguran, dan nyebelin.

Kos Jomblo, murah meriah dan nyaman, tapi syaratnya harus jomblo. Peminat kos pun menumpuk hingga Rania harus melakukan audisi. Terpilihlah sepuluh cewek dengan fisik, karakter, profesi, dan latar belakang yang berbeda. Semuanya memiliki alasan berbeda kenapa memilih Kos Jomblo.

Dari sinilah dimulai petualangan cinta-cintaan ala anak Kos Jomblo. Mulai cinta segitiga antara Hanna, Vanessa, dan Athalla, kekasih gelap si Kidung, Roro yang pingsan di pernikahan mantannya, sampai Hanna yang di PHP-in. Belum lagi, Tahlia yang pacaran sama playboy, Gani si quiz hunter yang ternyata bisa jatuh cinta, Gillian si cewek SMA cantik yang digila-gilai para cowok abege, serta permasalahan cewek lainnya.

Intinya, semua permasalahan cewek terkumpul jadi satu di Kos Jomblo. Dan mereka menamakan diri sebagai SING-PY = Single Happy.


“Buat apa dobel tapi nyakitin, kalo bisa single tapi bahagia”.

Jadi, aku terpilih menjadi salah satu host blogtour buku terbaru Dewi 'Dedew' Rieka, penulis favoritku karena aku sejak dahulu fans beliau. Rasanya senang banget dan aku memiliki ekspetasi tinggi pastinya tentang buku ini.

Buku ini bergenre romance comedy dan karena karya kak Dedew itu pastinya membawa tempat kos, jadinya menurutku ini pasti bisa nyambung banget bagi orang-orang yang sedang ngekos ataupun pernah ngekos. Pokoknya buku ini intinya menceritakan balada para jomblowati di tempat kos khusus jomblo.

Aku tidak menceritakan garis besar bukunya karena dari sinopsisnya sudah menggambarkan semuanya. Sebaga gantinya, aku membahas salah satu tokoh di buku Sing-Py ini. Yang aku bahas adalah Tahlia dan Kidung.

Di buku ini, Tahlia jadian sama Glenn, cowok playboy di kantornya. Padahal Tahlia sudah diperingatkan untuk tidak bersama dengan lelaki itu, namun dasar cinta itu buta, Tahlia tetap aja ngeyel. Namun Martha, kakak perempuan Glenn tidak mau Tahlia sakit hati jika suatu saat ditinggalkan adiknya yang player itu, menawarkan untuk berkenalan adik Gleen, Marcell. Lelaki ini kebalikan dari Glenn yang player, lelaki ini pemalu banget. Jadi ... siapa yang akhirnya bersama dengan Tahlia?

Sementara kisah Kidung, dia seorang jomblo yang sebenarnya bisa dibilang bahagia. Namun tetap saja, sebahagia apapun seorang jomblo, pasti ada saat tertentu dia merasa galau. Dan hari itu kegalauannya membuahkan pertemuan dengan mantan gebetannya semasa SMP. Kidung pada akhirnya berpacaran meskipun tanpa cinta dan menurutnya itu tidak apa-apa. Tapi ... benarkah seperti itu sebenarnya?


Dan membicarakan tentang menjadi jomblo di tempat kos-kosan, aku jadi ingat saat awal-awal kuliah dimana temanku masih banyak yang jomblo sering mengundangku ke kosan mereka sebagai tim hore tukang makan sih sebenarnya. Anehnya lagi mereka suka curhat masalah cinta padaku, orang yang paling tidak begitu mempedulikan hal itu. Soalnya gimana ya ... aku sama seperti Kidung, kalaupun terikat dalam hubungan pacaran pasti berakhir dengan aku tidak mencintai pasanganku samasekali.


Namun seiring waktu, mereka akhirnya memiliki pacar dan aku sendiri yang tidak memiliki pacar. Mereka bukannya tidak berusaha mencarikanku pacar, tetapi akunya yang tidak tertarik. Bagiku, masa itu akan tba pada waktunya dan untuk sekarang, biarkan aku menikmati hal apapun yang ingin kulakukan sendirian.

Eh, kok malah jadi curhat sih ya? Ahahaha #ditempeleng




GIVEAWAY
Jadi seperti judul postingan ini (yang ada + giveway), aku akan memberikan satu ekslempar buku Sing-Py kepada orang yang beruntung. Syarat dan ketentuannya silahkan disimak di bawah ini ya.



  1. Tell me about yourself. Menuliskan nama, alamat email/akun twitter (point +4)
  2. Following this blog. Mengikuti blog ini menggunakan GFC/Bloglovin/Email (point +2)
  3. Following @OhGirlDay, @loveableous & @dewirieka di twitter. (total point +9)
  4. Tweet about Giveaway. Dan jangan lupa mengcopy tweet yang kalian kicaukan (point +3)
  5. Visit Fan Page The Cute Geek & Penerbit Loveable. Menyukai kedua fan page facebook ini (total point +10)
  6. Leave a blog post comment. Menjawab pertanyaan yang ada di rafflecopter di kolom komentar (point +4)
a Rafflecopter giveaway

Pengumuman pemenang tanggal 11 September 2015 dan jika dalam waktu 6 jam dari pengumuman pemenang tidak ada konfirmasi ke email, maka akan dipilih pemenang yang baru. Pengiriman buku lamanya tergantung dari penerbit, namun pasti aku kasih kabar kalau ada keterlambatan.

Jadi daripada baper meratapi nasib jomblo, yuk ikutan giveaway ini. Siapa tahu setelah baca buku ini malah dapat jodoh #aseek #maunya

16 komentar:

  1. Beh. jawabnku belum aku submit kak :3

    BalasHapus
  2. Kalau hanya sebatas dekat aja tanpa ada hubungan apapun seperti status pacaran, aku mah mending menghindari/menjauhi dia dan memberitahukan perihal apa yang ibu kos katakan supaya tidak terjadi hal-hal nggak diinginkan. Atau nggak, ya hubungan seperti biasa, tapi di luar area yang biasa ibu kos tempati, heee
    Kalau udah dekat sama cowok yang notabene punya hubungan denganku, seperti pacar. Meski ibu kos udah nyuruh menjauhi, atau akan dikeluarkan dari tempat kos, mending aku pake jalan Backstreet. Karena nggak semestinya Beliau maksain keputusanku buat menjauhi atau memutuskan hubunganku dengannya, lagian ini juga jalanku. Yang terpenting aku nggak ngelanggar peraturan-peraturan di dalam kos.

    BalasHapus
  3. Nama : Rheinita CN
    Twitter : @rheinitacn

    Saya akan bertanya dahulu pada ibu kos saya alasan yang mendasari mengapa menyuruh saya menjauhi teman saya yang cowok. jika pada kenyataannya saya tidak berbuat salah dan ibu kos saya mengira melakukan hal yang tidak baik, saya akan menjelaskan agar tidak terjadi kesalahpahaman antara saya dan ibu kos. namun apabila ternyata tidak dapat diselesaikan dengan kepala dingin maka apaboleh buat, daripada ketegangan semakin menjadi dan terjadi ketidaknyamanan saya di dalam kos tersebut, saya akan mencari kos yang lebih baik. toh kos kosan tidak hanya satu disitu saja bukan? maka dari itu sebisa mungkin kita harus menjaga komunikasi yang baik dengan ibu kos maupun warga kos yang lainnya. :) terimakasiih

    BalasHapus
  4. Nama : Angelina Arum Wulandari
    Twitter : @angeliaaw249
    Kalau seandainya kamu dekat dengan seorang cowok dan ternyata ibu kos kamu tahu kedekatanmu itu sehingga menyuruhmu untuk menjauhinya atau keluar dari tempat kosnya, apa yang kamu lakukan?

    Kalau aku sih ya, sebagai anak yang baik #owassss aku gak peduli lah #lahhh . Karena gini ya, ini hidup kita kenapa mereka harus peduli? Mereka merasa gk suka? Lah kita kan sudah bayar tuh kos-kosan. Kita tau mana yang baik dan mana yang buruk. Emang ibu kos nya itu tau apa tentang anak itu? Kalau gk tau apa-apa ya udah kan. Lagian kan kita deket sama cowok itu juga belum tentu pacaran, kenapa harus diambil pusing? Aku malesnya sama orang Indo itu ya gitu, urusan orang dipikiran sedangkan urusan sendiri gak tau di kemanain. Sakitnya tuh di siniii #NunjukHatiYangPotekzz

    hehehe makasih kak😊😂

    BalasHapus
  5. Nama : Angelina Arum Wulandari
    Twitter : @angeliaaw249
    Kalau seandainya kamu dekat dengan seorang cowok dan ternyata ibu kos kamu tahu kedekatanmu itu sehingga menyuruhmu untuk menjauhinya atau keluar dari tempat kosnya, apa yang kamu lakukan?

    Kalau aku sih ya, sebagai anak yang baik #owassss aku gak peduli lah #lahhh . Karena gini ya, ini hidup kita kenapa mereka harus peduli? Mereka merasa gk suka? Lah kita kan sudah bayar tuh kos-kosan. Kita tau mana yang baik dan mana yang buruk. Emang ibu kos nya itu tau apa tentang anak itu? Kalau gk tau apa-apa ya udah kan. Lagian kan kita deket sama cowok itu juga belum tentu pacaran, kenapa harus diambil pusing? Aku malesnya sama orang Indo itu ya gitu, urusan orang dipikiran sedangkan urusan sendiri gak tau di kemanain. Sakitnya tuh di siniii #NunjukHatiYangPotekzz

    hehehe makasih kak😊😂

    BalasHapus
  6. Kalau seandainya kamu dekat dengan seorang cowok dan ternyata ibu kos kamu tahu kedekatanmu itu sehingga menyuruhmu untuk menjauhinya atau keluar dari tempat kosnya, apa yang kamu lakukan?

    hmm.. sbenarnya sih trgantung kitanya aja sih, jangan ampe aja ktahuan ama bu kosnya xD
    yaa.. mw ajak ktemuan yaa mending d'luar, klo ktahuankan berabe.. d'depak dah
    intinya cerdik2 aja miLih kosnya, kLo mau bebas, jgn pLih kos yag memang gak ngebolehin cowo msuk, it aj sih u,u

    BalasHapus
  7. Kalau seandainya kamu dekat dengan seorang cowok dan ternyata ibu kos kamu tahu kedekatanmu itu sehingga menyuruhmu untuk menjauhinya atau keluar dari tempat kosnya, apa yang kamu lakukan?

    kalo ternyata ibu kos lebih tahu sifat cowok itu dan demi kebaikan kita sendiri ya bakal jauhi aja cowok itu. kan ibu kos itu terkadang juga sama dengan ibu sendiri.

    BalasHapus
  8. Dian Maya
    @dianbookshelf

    Peraturan kosan kan gak boleh punya cowok. Nah, kalo suatu saat sudah suka sama si cowok & ternyata si cowok orangnya baik, ya udin, keluar sajalah. Pasti si cowok (yang lagi dekat sama saya) mau bantuin nyari kosan baru. :)

    BalasHapus
  9. Fathir

    kalo aku sih ya bakal diem-diem aja ketemuan sm si cowo itu di kampus kek, di mall kek, asa jangan di kosan ku hehehe

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Yang diaras tadi ga ada data dirinya, jadi dihapus :D
    Nama: Thia Amelia
    Twitter; @Thia1498

    Kalau seandainya kamu dekat dengan seorang cowok dan ternyata ibu kos kamu tahu kedekatanmu itu sehingga menyuruhmu untuk menjauhinya atau keluar dari tempat kosnya, apa yang kamu lakukan?

    Kenapa? Itu yang harus ditanya pertama kali ke ibu kos. Segala sesuatu terjadi, pasti akan ada sebab nya kan, begitu juga alasan nya. Ketika kita ketauan dekat sama cowo lalu disuruh menjauh, jangan dulu menjauh, minta alasan logis kenapa kita harus menjauhi dia, bicara baik-baik dan kasih pengertian. Kalau misalnya alasan nya logis dan baik untuk kita dan semua, tinggalkan, toh masih banyak teman cowo kan, apalagi ternyata kita punya ibu kos yg perhatian. Tapi kalau alasan nya cuma ecek-ecek, tinggalin aja, toh ibu kos nya juga gitu banget, cuma karena deket cowo ga mau malah gitu, padahal kan kita udh ngejelasin :D

    BalasHapus
  12. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Email: ayamurning@gmail.com

    Jawaban:

    Logikanya gini deh, itu kos kan emang khusus jomblo dan ada larangan untuk dekat-dekat dengan cowok. Kalau kita ngekos di sana ya artinya kita menyetujui dan mematuhi aturan yang dibuat oleh empunya kos.

    Kalau sewaktu-waktu kita dekat dengan cowok tapi tetap bersikeras tinggal di kos itu, lalu yang salah siapa dong? Ya kita sendiri kan yang salah karena udah break the rules. :D

    Kalau sikonnya begini ya jelas pilihannya ada 2:

    1) jauhi cowok itu supaya lain kali nggak ketahuan dan bisa tetap tinggal di kos murah itu, atau

    2) out dari kos itu supaya tetep bisa deket sama tuh cowok. Kali aja emang udah naksir berat.

    Tapi my final answer masih tergantung dengan 2 pemikiran berbeda:

    1) Masa bodoh sama si ibu kos, nggak mau hidupku diatur orang lain, jadi lebih memilih out dari kos itu. Apalagi saya sebagai anak yang penurut dan tahu diri dengan aturan yang ada, ya saya mah mending out aja trus cari kos yang baru yang nggak pake peraturan wajib jomblo.

    2) Tujuan dibuat kos jomblo itu kan supaya cewek-cewek ini jangan sampai disakitin oleh cowoknya. Kalau saya menganggap peringatan dari ibu kos itu adalah suatu bentuk perhatian kepada saya supaya menjauhi hal-hal yang menuju ke 'sana', saya nggak menolak opsi itu mentah-mentah. Toh kami cuma deket kan, masih dalam status temenan, belom tentu juga bakal ke arah pacaran. So, kadar kedekatannya akan dikurangin. Lagian kalo mau deket ya biarin di kampus aja, nggak usah sampe ke wilayah kos atau harus diantar pulang. Angkot dan ojek kan banyak. :P

    Jadi... pada akhirnya saya memilih pemikiran nomor 2. Karena dari awal sudah tahu peraturan kosnya begitu, mbok ya turuti. Lagi pula buat saya pribadi kalau pun nyata saya tinggal di kos jomblo ya memang karena alasan supaya 'terjaga' dari hal-hal 'itu' kok. :)

    BalasHapus
  13. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Email : n0v4ip@gmail.com

    Sebelumnya saya tanya dulu ke ibu kos nya alasan beliau nyuruh saya ngejauhi tu cowok. Mungkin aja beliau memang kenal sama tuh cowok dan tau kepribadiannya, kelakuannya diluaran tuh gimana. Kalo memang kondisi nya begitu, saya bakal ngejauhin tuh cowok untuk sementara sambil mencari tau kebenarannya tentu saja. Dan kalo ternyata benar, berarti kan ibu kos nya ngejagain kita tuh dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dan kalo ternyata salah, yah saya akan coba kasih pengertian ke si ibu dengan harapan beliau bisa menerima penjelasan saya dan mau mengerti... sekian ^^

    Thanks mbak

    BalasHapus
  14. Nama : Shiela Hartiningtyas
    Twitter : @ruth_shiela

    Sedari awal, memang kosnya kan diperuntukkan bagi para jomblo.Jadi memang syarat untuk tinggal disana adalah seorang jomblo. Jika nantinya kita dekat dengan seorang cowok, memang wajar jika ibu kos menegur kita. Pilihannya ya hanya 2, yaitu tetap bersama dengan cowok itu dan memilih keluar dari kos itu atau tetap di kos itu dan berpisah dengan sang cowok.
    Kalau aku sih memilih untuk tetap bersama dengan cowok yang aku sukai tersebut. Konsekuensinya ya aku harus keluar dari kos. Tapi ya itu wajar. Anggap saja kita lulus dari sekolah/universitas dan memberi kesempatan bagi para murid baru/jomblo-jomblo baru untuk masuk ke dalam kos tersebut.
    Karena sekarang sudah punya pacar, sudah ga cocok donk kita masih berada dan tinggal di kos jomblo.:)

    BalasHapus
  15. Zaitun Hakimiah
    @NSMia

    Kosannya cuma buat jomblo ya??
    Yaudah, cowoknya jangan pernah maen ke kosan. tetap menjaga hubungan dengan si cowok, tanpa harus ketahuan ibu kos :p

    Terima kasih :)

    BalasHapus

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku