Rabu, 13 Januari 2016

2015 Blog Giveaway List and Hope for 2016

Source here, edited by me.

Jadi, tiba-tiba aja kepikiran ini saat melihat blog lain mengadakan giveaway buku. Diri ini tiba-tiba nyeletuk "how much your blog have giveaway in 2015?" dan jadilah postingan ini. Penting gak penting sih untuk dibaca, jadi boleh di skip saja.

Pengertian giveaway sendiri berarti memberikan sesuatu (baik benda maupun uang) kepada seseorang. Dan karena dalam konteks ini kita berbicara tentang buku, maka yang dibahas adalah tentang giveaway yang telah diadakan blog ini selama tahun 2015 ini baik kerja sama dari penerbit, penulisnya langsung maupun yang aku adakan sendiri.

List ini dibuat dari berdasarkan paling lama ke paling baru. Tujuan postingan ini sebenarnya buat nostalgia saja dan harapannya tahun depan bakalan aku buat juga.

1. If You Only Knew by Jenny Thalia Faurine
Jadi ini bisa dibilang giveaway pertama yang aku adakan pada tahun 2015 dan juga giveaway pertama yang bekerja sama dengan penulis favoritku. Jenny ini salah seorang sahabatku yang membuatku mau membaca buku fiksi Indonesia lagi setelah trauma karena suatu hal pada tahun 2013 lalu. Kisah ini aslinya dari wattpad yang kemudian penerbit tertarik buat membukukannya.

Terima kasih Jenny karena memberikan kepercayaan padaku dan kita juga semakin dekat sampai mengobrol random tentang kehidupan (para jomblo, uhuk) kita masing-masing. Semoga tahun inipun kita bisa bekerja sama kembali.

2. The Wind Leading to Love by Yuki Ibuki
Giveaway ini bisa dibilang adalah kerja sama pertamaku dengan penerbit dan ini adalah salah satu penerbit favoritku. Senang banget pastinya dan apalagi buku ini adalah salah satu buku favoritku karena menggunakan setting Jepang. Buku ini aku rekomendasikan banget bagi yang kepengen baca cerita yang agak dark namun terasa dekat dengan kehidupan.

Oh iya, ini masuk cerita dewasa, jadi yang belum umur 17 tahun, mohon untuk tidak menyentuh buku ini.

3. Love With a Witch by Hyun Go Wun
Masih dalam rangka kerja sama dengan penerbit Haru, aku juga mengadakan giveaway novel ini. Aku memang menyukai semua kisah yang dituliskan oleh penulis ini dan aku bahagia banget mendapatkan kesempatan menjadi salah satu orang yang bisa memberitahukan kepada orang-orang bahwa ceritanya oke punya.

Meskipun judulnya Love With a Witch, tapi aslinya ini bukan novel fantasi. Judulnya menipu banget, tapi kalau kalian baca bukunya bakalan mengerti kenapa dikasih judul seperti ini. Rekomendasi banget yang suka Korea seperti aku, karena menurutku ceritanya sangat Korea Drama banget. Berharap novel ini bakalan diadaptasi menjadi drama (etapi sekarang lagi trend drama dari webtoon gak sih ya?)

4. Ramadhan Giveaway featuring Jenny Thalia Faurine
Seperti judulnya, giveaway ini diadakan saat bulan Ramadhan dengan kerja sama dengan Jenny. Rentang waktunya satu bulan dan hadiahnya tiga paket buku dengan masing-masing tema untuk tiap paket bukunya.

Kita berdua sampai galau menentukan pemenang karena partisipan ini kasih kita cerita yang keren-keren banget. Penasaran sih, tahun ini apakah kita adakan lagi giveaway semacam ini namun dengan konsep berbeda? Ya, lihat aja ya nanti.

5. Zodiac Date - Kisah Kencan Kasih yang Tak Sampai by Acha Salim
Aslinya, aku submit pendaftaran giveaway buku ini di detik-detik terakhir deadline. Gak begitu berharap terpilih, eh pas cek email ternyata terpilih :"D

Kisahnya kocak menurutku, tapi aku sumpah kudet banget kalau 'Salim' itu salah satu nama keluarga 'holang kayah' di Jakarta (tanya Jenny buat hal ini) karena disebutkan di pembukaan buku ini.

6. You Had Me at Hello by Indah Hanaco
Kalau gak salah, aku ditawarkan sama kak Kiky di twitter untuk jadi host blog tour novel ini dan aku mengiyakan tanpa ragu. Dan ternyata, dari semua giveaway, jumlah view blog ini yang paling banyak yang membuktikan bahwa penulisnya begitu dicintai para pembacanya.

Jalan ceritanya sendiri klise bangetlah, tapi cara penuturan ceritanya aku suka banget. Cuma sayangnya agak kurang kosisten aja sih pakai sudut pandanganya. Semoga di kesempatan yang akan datang bisa bekerja sama lagi dengan penulis ini untuk mempromosikan bukunya.

7. Sing-Py, Single Happy by Dedew
Untuk buku ini, aku mendaftar di page sebagai salah satu host blog tour buku ini dan periode giveaway ini yang paling singkat di blogku, hanya dua hari. Dan jumlah partisipannya dalam waktu singkat itu membuatku tercengang.

Aku jujur saja ketawa sampai sakit perut pas baca buku ini, hal langka yang terjadi padaku karena keseringan baca buku komedi tapi lempeng doang. Mungkin karena penulisnya yang karyanya sudah aku kenal sejak SMP.

8. Shen Meileng Birthday Giveaway
Judul sudah mengatakan segalanya. Intinya, ulang tahun kali ini aku kepengen berbagi dengan pembaca di sini. Partisipannya lumayan banyak dan jawabannya bikin galau buat milih salah satu. Kalau ada uang lebih mah, maunya milih dua atau tiga pemenang :"D

Doakan saja tahun ini semoga ada rejeki sehingga bisa mengadakan giveaway pas ulang tahun dengan bayak hadiah.

9. Meet Lame by Christian Simamora
Giveaway penutupan tahun 2015. Sebenarnya tidak begitu berharap bakalan dipilih, karena biasanya apa yang aku harapkan gak bakalan kejadian. Jadi daripada sakit hati sendiri karena berharap, jadi let it go aja. Eh ternyata kepilih.

Buku kedua yang aku baca dari penulis ini dan jujur saja aku malah lebih menyukai kisah ini. Sudut pandang orang pertama yang digunakan serta tokoh utamanya yang no name itu yang membuatku menyukai buku ini. Semoga saja kami bisa bekerja sama lagi tahun ini.


Untuk orang yang kurang konsisten mengisi blog ini, ini adalah suatu pencapaian yang hebat menurutku. Harapan pada tahun 2016 dalam giveaway antara lain:
  1. Semakin banyak penulis maupun penerbit mengajak kerja sama giveaway
  2. Mengadakan giveaway semakin sering dan peraturannya tidak begitu menyulitkan para peserta
  3. Jumlah partisipan semakin banyak (yang berguna untuk personal project yang aku buat di blog, Donate for Comment 2016)

2 komentar:

  1. wow... ternyata banyak juga ya GA terdahulu di sini... Hebat!
    Aku telat tau ginian karena baru bikin blog akhir tahun kmrn dan baru tahun ini mau aktif bikin review, so harus sering2 blogwalking nyari referensi bacaan yg oke.

    Semoga tahun ini makin banyak GA yg diadakan disini ya...

    Cheers,
    Kitty

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak apa-apa telat, daripada tidak samasekali. Sebenarnya ini gak ada apa-apanya dibandingkan blog yang lain, tapi ini pengingat aja bagiku kalau misalnya suatu saat nanti blog ini sering mendapatkan tawaran blog tour atau givaway, kalau aku memulainya dari awal dan gak boleh sombong :)

      Amin, semoga tahun ini banyak GA di sini dan niat untuk beramal dengan Donate for Comment lebih sukses dari tahun lalu ^^

      Hapus

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku