Kamis, 04 Februari 2016

[Blog Tour] Forever and Always

Judul: Forever and Always
Pengarang: Jenny Thalia Faurine
No ISBN: 
9786020279688
Tahun Terbit: Februari 2016
Rating: 
☆☆
½
Jenis: Paperback
Penerbit: Elex Media Koputindi
Sinopsis:
Aku selalu menatap kamu dari dulu
lebih dari yang seharusnya
sehingga aku terluka sendirian.
Jika aku sudah bisa hidup tanpa menatapmu,
haruskah aku kembali menatapmu?
Aku bukan seseorang
yang suka menyakiti diriku sendiri, Ren.

Dan ternyata mencintai seseorang lebih menyakitkan dibanding yang selama ini mereka duga. Seva dan Ren, dua orang teman lama yang tak pernah bertemu sejak lima tahun lalu, sore itu akhirnya mereka dipertemukan kembali.

Ada cerita di antara mereka yang belum usai. Perpisahan tak selalu jadi garis akhir sebuah hubungan.


Seva dan Ren, dua orang sahabat yang sejak lima tahun lalu tidak pernah bertemu padahal sebelumnya mereka sangat dekat seperti saudara. Dipertemuka di shelter Transjakarta dan berakhir di Coffee Meter, cafe yang memiliki banyak kenangan tentang mereka di masa lalu. Ren yang ingin meminta maaf atas semua yang dilakukannya di masa lalu dan berusaha membuat keadaan kembali seperti dahulu. 

Namun apa bisa?


Masih perlukah semua itu dibahas saat kita berdua telah memiliki hidup masing-masing?

Mereka berdua mengenal satu sama lain sejak kelas 3 SMA, saat mereka sekelas dan terus bersama baik suka maupun duka. Seva yang awalnya tidak merasakan apapun pada Ren, pada akhirnya jatuh cinta pada sahabatnya itu. Meskipun Seva sangat tahu kalau Ren hanya memikirkan satu nama dan mencintainya sepenuh hati meskipun orang itu tidak pernah menganggap Ren lebih dari seorang teman baik.


Apa manusia mampu bertahan dengan seseorang yang hatinya tak lagi utuh?

Sepuluh tahun saling mengenal, mengetahui semua hal baik dan buruk dari masing-masing nyatanya bukan berarti menjamin bahwa mereka akan berakhir bahagia. Seva mencintai Ren dan selalu tersakiti setiap kali lelaki itu hanya menggapnya sebagai seorang sahabat. Ren yang hanya melihat Anggi, perempuan yang dicintainya sejak SMA. Perempuan yang bahkan memilih sahabat Ren sendiri, Vito daripada Ren.


Kamu dan aku punya caranya sendiri untuk mencintai seseorang—yang nyatanya tak mencintai kita balik.

Sampai suatu malam, terjadi suatu kesalahan fatal yang membuat persahabatan mereka selama ini hancur. Ren mengusir Seva dari kehidupannya dan perempuan itu benar-benar menghilang. Seva pikir, mereka tidak akan pernah bertemu sampai Seva menghilang dari dunia ini. 

Namun Tuhan dan semesta ternyata memiliki rencana lain, karena pada akhirnya mereka bertemu kembali. Ren yang mengemis maaf pada Seva dan meminta perempuan itu menerimanya kembali ke dalam kehidupannya. Seva memaafkan Ren, tetapi menerima lelaki itu kembali ke dalam kehidupannya adalah perkara yang berbeda.


Memaafkan, jatuh cinta, dan melupakan mempunyai satu kesamaan. Yaitu sulit untuk dilakukan. Namun, bukan berarti hal itu tidak bisa kita lakukan. Aku butuh bertahun-tahun bersamamu dan lima tahun ditinggalkan, untuk membuatku sadar akan perasaanku padamu. Jadi, aku tak menuntut satu menit dalam hidupmu untuk langsung memaafkanku.

Source here, edited by me.

Pertama, thank you Jenny sudah memberikanku kesempatan sebagai first reader novel terbarumu. Ingat banget baper-bapernya kita pas diskusiin plot hole cerita ini di WA yang diselingi curhatan kehidupan ini.

Btw, novel ini mengangkat tema FRIEND ZONE (sengaja banget di caps lock biar yang baca melek, ahahaha) tetapi bukan jenis yang biasa kalian temui. Kalo kalian biasanya mendapatkan cerita dengan tema ini dimana pihak lelaki yang di di friend zone oleh perempuan, kali ini posisinya dibalik. Selain itu, ending-nya yang tidak terduga membuat pembaca bakalan "Hah? HAH KOK BISA?!"

Ceritanya ini bisa dibilang menggunakan alur maju (masa sekarang) dengan alur mundur (masa lalu kedua tokoh utama) yang perpindahannya smooth banget. Pokoknya kalian yang baca ini bakalan dibuat baper sepanjang baca ceritanya.

Oh iya, tokoh utama laki-laki di sini bukan tipikal yang bakalan kalian cintai. Bahkan, mungkin begitu kalian selesai membaca ceritanya, bakalan benci setengah mati dengan Ren. Kalau aku sih malah berharap Ren gak pernah eksis di dunia nyata, karena terlalu menyakitkan jika lelaki itu beneran nyata ada di dunia.

Forever and Always ini adalah seri pertama dari #ForeverSeries milik Jenny Thalia Faurine. Seingatku, seri ini bakalan ada 3 buku dan tenang saja, kalian tetap bisa baca buku ini tanpa merasa digantungkan (well, bagiku sih ending-nya cukup memuaskan).

Sebenarnya aku ingin memberikan 5 bintang kalau saja gak ada kata-kata yang merusak alur ceritanya. Hanya ada di dua tempat sih, tapi ini merubah makna sebuah paragraf sehingga jatuhnya aneh.

Walaupun ini pertama kalinya Ren mengantar Seva, ia tahu betul seluk beluk perumahan Seva. Karena siapa lagi kalau bukan Anggi. Sebelum ini, Ren selalu mengantar Anggi. Seperti yang ia lakukan sekarang, mengawal motor perempuan itu dari belakang. Memastikannya aman sampai rumah walau berkendara sendiri.

Menurutku seharusnya kata 'pertama kali' itu dihilangkan dan diganti dengan 'jarang' atau kata 'pertama kali' ditambahkan dengan kata bukan sehingga menjadi 'bukan pertama kali'.

Meskipun begitu, aku tetap mencintai novel ini dan tidak sabar untuk membagikannya pada pembaca di sini. Iya, aku bakalan mengadakan giveaway novel Forever and Always bulan ini. Tapi bukan sekarang dan sembari menunggu, yuk lihat-lihat review yang lainnya di blog lain yang ada di banner ini.


11 komentar:

  1. Covernya canteeeek ^_^
    Novel ini cocok buat yang difriendzoned. Aku baca reviewnya aja sebenarnya udah geregetan sama si Ren.
    Pengen punya series ini >_____<

    BalasHapus
  2. Pesahabatan yang berbuah cinta itu memang nyeseg banget. Apalagi jika cinta itu hanya sepihak. Wah, harus memiliki hati seluas samudera. Penasaran pengen membaca novel ini. Membaca tema yang diangkat itu Friend Zone dengan ramuan yang berbeda dan ending yang tidak terduga. Ah, makin penasaran. Sesuatu yang berbeda itu selalu bikin penasaran.

    BalasHapus
  3. Seva cinta diam-diam pd Ren, sementara Ren ngarepin Anggi, tapi Anggi malah milih Vito... duh, benar-benar ribet dan bikin baper niy!

    BalasHapus
  4. Ini Vito ngga cinta Seva kan? Muter nanti jadinya -__-v

    BalasHapus
  5. FREIND ZONE? Yah, pernah banget berada di posisi ini. Sakit, perih, dilema, takut kehilangan, takut tercampakkan de el el. Tapi aaah, freindo zone Milik Jenny ini beda, pengen banget mencicipi kisahnya sekaligus ngebandingin dengan kisahku ;D

    Reviewnya bikin penasaraaan :D

    BalasHapus
  6. Very nice and impressive review, considering how limited your time to write it between all those shitty classes and evil assignments! Writing review is sure more enjoyable and relaxing than writing a story, yes? I could try to write some in the near future--oh, after I finished my workloads of course!

    (hadn't had any thought about the book, I seldom judge before I read the whole thing. Hope I win the giveaway so I can taste it myself. I'm optimist though--I mean, it's published by elex media by a writer who's been publishing lots of books; so it should be a over the quality standard, right?)

    BalasHapus
  7. Btw, novel ini mengangkat tema FRIEND ZONE (sengaja banget di caps lock biar yang baca melek, ahahaha) tetapi bukan jenis yang biasa kalian temui. Kalo kalian biasanya mendapatkan cerita dengan tema ini dimana pihak lelaki yang di di friend zone oleh perempuan, kali ini posisinya dibalik. Selain itu, ending-nya yang tidak terduga membuat pembaca bakalan "Hah? HAH KOK BISA?!"

    >> YUP! Paragraf ini sukses deh bikin aku makin penasaran sama apa yang sebenarnya terjadi dengan Seva dan Ren. Semoga bisa dapat kesempatan membaca full version kisahnya.

    BalasHapus
  8. Berarti ending novel ini twistnya greget ya ? Karakter Seva seperti cewek teraniaya sahabatnya sendiri nih :D
    Friendzone tapi korbannya cewek ini tema yang jarang :)

    BalasHapus
  9. Makin kesini, baca reviewnya saya makin kesal dengan Ren. Pokoknya saya itu #antiRen. Saya gak tau apa ketidaksukaan ini bakal berubah di buku kedua mengingat sang penulis kita selalu memberi kejutan di setiap tulisannya... :D Berharap semoga buku keduanya cepat terbit... hehe.

    BalasHapus
  10. Wow beneran penasaran banget dengan kisah Seva dan Ren ini. Endingnya yang tak terduga gimana ya? Pokoknya penasaran banget deh..

    BalasHapus

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku