Selasa, 02 Februari 2016

[Blog Tour Tiger On My Bed] Interview with Christian Simamora


Halo semuanya. Gimana kabar kalian semua? Ada yang kangen gak sama giveaway di blog ini? #yha

Jadi, seperti yang bisa kalian lihat di judul postingan ini, salah satu rangkaian blog tour Tiger on My Bed adalah sesi wawancara. Untuk sesi review dan giveaway, tunggu saja jam postingnya ya.




Jujur, aku senang banget dapat kesempatan lagi untuk bekerja sama dengan penulis Christian Simamora karena aku mulai menyukai karya tulisannya. Sepertinya telat banget ya, yang lain sudah hype banget sama penulis ini, aku baru 'ngeh' baru-baru ini. Maaf bang, saya hanyalah seorang fans baru abang. Tapi seengaknya better late than nothing kan ya?

Tentang Penulis:
CHRISTIAN SIMAMORA

Penulis berzodiak Gemini, kelahiran 9 Juni 1983. Book hoarder yang menyukai animal print. Kalau tidak sedang menulis, dia menghabiskan waktu senggang dengan membaca, browsing, atau menonton serial televisi kesukaan.   

Sejak tahun 2006, memutuskan untuk menekuni genre romance untuk pembaca dewasa. Seri #jboyfriend yang sudah terbit: Pillow Talk (Jo), Good Fight (Jet), With You (Jere), All You Can Eat (Jandro), Guilty Pleasure (Julien), Come On Over (Jermaine), As Seen On TV (Javi), dan Marry Now, Sorry Later (Jao).

Tahun ini, dia merilis seri kedua yang diberi nama #vimanasingles.

Meet Lame (Janiel & Daniel) dan Tiger on My Bed (Talita Koum Vimana) adalah novelnya yang kelima belas dan keenam belas.

Fanpage (Facebook): www.facebook.com/ChristianSimamoraAuthor
Twitter: @09061983
E-mail: ino_innocent@yahoo.com

☆ Interview with Christian Simamora 

Tiap Series #Jboyfriends kan abang selalu kasih paper doll sebagai bonus dan itu sudah jadi ciri khas abang untuk seri itu. Lalu kenapa #vimanasingle ini juga abang kasih paper doll juga? Kenapa tidak mencoba kasih bonus lainnya yang mungkin bisa jadi ciri khas seri ini?
Keluarga Vimana munculnya juga sejak All You Can Eat, novel Abang pertama yang memberi  bonus paperdoll bagi pembaca. Untuk menghormati kenangan itu, Abang putuskan untuk mempertahankan bonus serupa dengan di seri #jboyfriend.
Berapa lama proses penulisan TOMB dari ide, riset sampai akhirnya jadi draf pertama kali?
3-4 bulan. Selang dua bulan setelah Marry Now, Sorry Later rilis.
TOMB ini kan mengangkat Arrangements dari dunia binatang seperti Tiger Arrangements dan Crocodile Arrangements. Kalau boleh tahu, apa yang melatarbelakangi abang untuk mengaplikasikan arrangements dunia binatang ini ke dalam cerita?
Sama sekali tak terpikir mengarahkan konsepnya ke arah sana. #vimanasingles mengeksplorasi 4 cinta ala C.S. Lewis. Dan tiger arrangement yang menjadi tulang belakang novel ini senapas dengan prinsip Eros yang jadi tema utama TOMB. Kebetulan, berdasarkan riset, mating behavior harimau bertolak belakang dengan konsep komitmen yang diyakini manusia.
Jika #Jboyfriends selalu di settingnya dengan hero namanya berawalan 'J', apakah di #vimanasingle ini semua heroine akan memiliki nama berawalan 'T'? Mengingat heroine buku ini bernama Tal
Nama Jai bukan karena disengaja kok. Di bab-bab awal TOMB, Abang sempat menamainya Kaj dan Kai, sayangnya kurang cocok dengan imajinasi Abang. Nama Jai muncul belakangan.Sedang tentang nama karakter cewek, kali ini nggak berdasarkan inisial. Nama cewek di novel #vimanasingles selanjutnya nggak berawalan T kok.
Penasaran banget dengan hal ini, makna nama Talita Koum Vimana dan Jai Birksted itu apa? Apakah hanya untuk eye catching tanpa makna atau ada makna atau sejarah dibalik kedua nama tokoh utama buku ini?
Talita Koum (tulisan yang benar adalah Talitha Koum) berarti "Gadis kecil, bangkitlah!" Selaras dengan Tal yang butuh bangkit dari keterpurukan perasaannya. Sedangkan Jai Birksted, tadi sudah dijelaskan, awalnya dinamai Kaj Birksted, adalah nama pilot Denmark dan pahlawan Perang Dunia II. Tal butuh pahlawan dan Jai-lah orang yang dimaksud.

Gimana? Seru kan interview kali ini dengan bang Crismor. Apalagi aku paling suka jawaban pertanyaan terakhir, karena menurutku dibalik nama seorang tokoh pasti ada artinya yang membuat sang penulis menyayanginya.

Selanjutnya bakalan posting review serta giveaway buku kedje ini. So stay tune in this blog and I hope this book belongs to you, the lucky reader.

15 komentar:

  1. Sosok Crishmora benar-benar sosok penulis penuh kejutan dan profesional dalam kepenulisan. Sangat wajar jika karya yang dihasilkan punya daya tarik luarbiasa terhadap pembaca. Lanjutkan Bang! ;D

    BalasHapus
  2. Wih, senengnya bisa wawancarai Bang Ino *envy* Setiap baca novel salah satu yang menarik menurut aku adalah nama para karakter dinovel tersebut. Penulis biasanya mempunyai makna dari setiap karakter yang dia tulis, tetapi ada juga yang tidak. Bang Ino ini, salah satu penulis yang cerdas. Itu sudah pasti. Aku suka dengan pertanyaan terakhir, jadi tau arti dari nama Talita Koum Vimana.

    BalasHapus
  3. karakter yang dibuat bang Ino itu sering menginspirasi deh.. cewek mandiri yang tetep butuh penyelamat.. :D walau begitu, Cinderella tidak harus hanya duduk menunggu pangerannya datang,ia bisa melangkah ke manapun ia suka untuk menemukan pangeran. :D

    BalasHapus
  4. Paling suka sama pertanyaan terakhir, dan jawaban Bang Christian Simamora benar-benar tepat sasaran. Sebelumnya juga sempat bertanya-tanya, nama Talita Koum itu artinya apa? Rada aneh disebut tapi unik banget. Jadi makin yakin kalau novel-novelnya semua ditulis berdasar riset yang sungguh-sungguh, bahkan dari nama tokohnya aja udah terlihat kalau nggak asal kasih nama.

    BalasHapus
  5. Wih ternyata nama-nama Tal dan Jai ada maknanya juga :D kereeeeeeeeen maknanya sama seperti cerita di dalam novel.Aku yakin banget novel bang tian ini pasti best seller lagi Karena konsepnya yang unik tentang iger Arrangements dan Crocodile Arrangements. Aku sendiri sangat asing dengan istilah Arrangement itu. Semoga setelah membaca novel ini aku bisa mengerti :)

    BalasHapus
  6. Paling senang kalo ikut blogtour Abang Ino itu yaa bagian interview-nya.. karena bisa tahu proses dan lata belakang pembuat novel ini sendiri, terlebih lagi dalam proses pemberian nama para tokoh didalamnya..

    BalasHapus
  7. Cukup menarik dalam menentukan nama dari para tokoh. Ternyata keduanya saling berkesinambungan. Menarik sekali

    BalasHapus
  8. Aku kagum loh sama jawabannya Chirstian, yang membuat aku sadar menulis sebuah buku tidak semudah yg aku bayangkan. Apa lagi pertanyan "Berapa lama proses penulisan TOMB dari ide, riset sampai akhirnya jadi draf pertama kali?" 3-4 bulan wow waktu yg cepat menrutku apa lagi selang 2 bulan buku Marry Now, Sorry Later.
    Dan pertanyaan terakhir tentang nama, apa arti nama Tal dan Jai itu ada kaitannya dengan alur ceritanya.. bikin penasaran.

    BalasHapus
  9. Wahh, aku gak habis pikir gimana ide-ide cerita novel bang Ino ini berloncatan keluar dari pikirannya. Selang beberapa bulan aja sudah bisa nulis draft novel baru lagi. Walaupun serial yang tema besar ceritanya sama, tapi kan tetap harus menguras otak untuk buat konfilk, karakter dan alur ceritanya ...

    BalasHapus
  10. wah keren bang ino bisa tau nama pilot denmark pahlawanperang dunia II lagi, ko bisa ya ngambil nama dari pilot itu?

    Talitha Koum asal katanya dari bahasa apa ya bisa diartikan sebagai "gadis kecil bangkitlah!"

    jadi tambah penasaran deh, kira-kira tokoh apa aja yang ada di novel TOMB ini ya?

    BalasHapus
  11. #vimanasingles
    mengeksplorasi 4 cinta ala
    C.S. Lewis langsung searching nih aku, haha...

    BalasHapus
  12. iya sih.. dulu, aku suka bukunya bang Ino karena ada bonus paperdoll nya itu sih.
    Eh bang.. aku suka arti namanya Tal.
    dan aku baru ngeh kalau buku ini adalah buku ke dua dari VimanaSingle. Meet lame aku kira Jboyfriend loh bang. Serius!!

    BalasHapus
  13. saya pikir arrangement di buku ini cuma tentang Tiger Arrangements kak, tapi ternyata masih ada istilah Crocodile Arrangements ya...???!!! hmmm, seperti apa pula model arrangement dari buaya ya...??? *penasaran*

    BalasHapus
  14. Eh, ternyata nama berinisial 'T' untuk Thalita cuman ada di seri yang pertama ini ya. Kak Shen pikiran kita sama, aku pikir namanya bakalan berhuruf depan 'T' semua ternyata lagi-lagi kak Christian memberikan sesuatu yang berbeda. hehehehe Bonusnya kok nggak ular tangga aja lagi kak? Menurutku bagus juga lho kak Christian, baca sambil bermain sama adik biasanya dan alhasil aku selalu saja kalah telak. Hahahahaa Aku penasaran sama paperdollnya.

    BalasHapus
  15. keren deh, karakter di dalam cerita kuat banget abang ini menggambarkannya. semakin penasaran ceritanya

    BalasHapus

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku