Jumat, 26 Agustus 2016

☆ I'm Back—The Future of The Cute Geek ☆

Akhirnya aku memutuskan untuk kembali ke blog ini setelah berkutat dengan orang-orang sebut sebagai KKN. Masih sibuk berkutat dengan laporan yang dipersiapkan untuk sidang pertanggung jawaban KKN di semester 8 nanti (yang sekalian aku kirimkan ke perusahaan tempat saya magang). Sebelum aku ke topik utama, kaget blog ini ternyata sudah dikunjungi oleh 76.308 orang. Aku tidak menyangka blog ini ternyata banyak yang mengunjungi meskipun jarang update. Sebuah pencapaian yang bagi orang lain receh tapi bagi seseorang sepertiku itu wow banget. Terima kasih kepada kalian-kalian yang berkunjung ke blog ini. Apalah aku tanpa kalian semua, hanya sebutir pasir kuarsa :')


Sekian intermezzo di atas dan sekarang kembali ke topik utama yaitu tentang masa depan blog ini. Yang kalian tahu, semenjak tahun ini aku mulai jarang update lantaran aku sibuk kuliah sampai tidak bisa membaca buku, terkena reading slump dan yang paling utama adalah ada masalah internal di keluargaku. Tidak perlu dipertanyakan apa masalah internal itu, tapi yang jelas aku berusaha untuk tidak depresi karena ,.. yeah, aku orang yang terlalu banyak berpikir yang kadang tidak penting. Karena itulah akhirnya setelah menimbang-nimbang, akhirnya aku memutuskan untuk membuat postingan ini.


Aku tahu jika aku baru mulai serius mengurus blog ini pertengahan tahun 2014 sampai akhir tahun 2015 dan aku masih belum ada apa-apanya dibandingkan yang lainnya. Tapi aku merasa sangat bersalah tidak bisa men-update blog ini dan mengabaikannya terlalu lama. Tetapi di saat yang bersamaan, aku tidak tahu harus memulai lagi darimana. Aku tahu orang-orang bilang untuk mengambil waktu sejenak dari blog ini, tapi ... kenapa aku malah merasa melarikan diri dari tanggung jawab?

Setelah berada di Pulau Bunyu, aku mulai mencoba kembali untuk membaca buku. Tetapi kali ini dengan pendekatan yang berbeda. Memang aku ada membawa beberapa buku fisik dan aku membacanya di saat senggang. Berusaha untuk menghilangkan reading slump dan sepertinya berhasil. Tetapi timbul masalah baru, aku mulai kecanduan membaca cerita wattpad dalam Bahasa Inggris dan mulai malas membaca buku fisik. Entah aku menyelesaikan sebuah masalah atau menciptakan masalah baru lagi.

Untuk reading challenge yang aku buat, aku memutuskan untuk memprioritaskan pemberian hadiah kepada 'East Asia Reading Challenge'. Untuk challenge lainnya, aku memutuskan akan memberikannya serentak pada akhir tahun. Aku akan mengirimkan email kepada seluruh peserta 'Comic Reading Challenge' tentang perubahan pemberian hadiah ini dan semoga mereka memaafkan diriku :')


Untuk solusi aku kembali update blog ini dan juga mengalami kemajuan dalam membaca, aku memutuskan beberapa hal, diantaranya:

☆ Aku akan mereview cerita dari wattpad 
Karena aku menyadari jika aku mulai malas memegang buku fisik. Serta ya siapa tahu dari review aku, naskah watttpad yang menarik itu dapat kesempatan terbit karena review aku. Melihat penulis baru bisa mejeng di toko buku itu merupakan kebahagiaan yang tidak ternilai. Oh iya, aku mungkin juga mereview cerita wattpad Bahasa Inggris, tetapi tidak bisa menjanjikan apapun untuk mereviewnya juga dalam Bahasa Inggris.

Banner yang aku buat untuk series terbaru yang akan mengisi blog ini

Update sesuai dengan kemampuanku 
Dari pertengahan 2015, aku mulai merasakan menulis review bukan karena kebahagiaanku tetapi karena merasa 'keharusan' untuk mengisi blog ini. Aku ingin mengubah mindset ini dan sepertinya jadwal weekly & monthly update kemungkinan tidak akan berjalan. Tetapi aku tidak tahu bagaimana yang akan terjadi nanti, tapi untuk sekarang aku memprioritaskan diri untuk membuatku nyaman kembali berhadapan dengan laptop dan menulis review yang aku baca.

☆ Mencoba membatasi diri untuk menjadi host blog tour 
Menyadari sekarang aku menjadi picky reader yang di dalam tahap yang bisa dibilang brengsek, akhirnya aku memutuskan untuk tidak akan menerima tawaran blog tour jika aku tidak mengenal baik penulisnya ataupun penerbitnya. Aku tahu keputusanku ini terdengar belagu sekali, tetapi menjaga kewarasan diri ini untuk tidak terlalu stres, jadi lebih baik aku menulisnya sekarang. Kecuali aku sendiri yang mengajukan diri sendiri menjadi host blog tour, berarti aku siap dengan segala konsekuensinya.

☆ Akan diselingi dengan non review 
Ya mungkin tentang opini yang berhubungan buku ataupun akan kembali menghidupkan kolom wawancara penulis buku yang aku kenal. Sebenarnya dulu aku sudah mengumpulkan beberapa nama, tetapi aku lupa mengirimkan pertanyaan kepada mereka. Masih mencoba untuk mengkonsep apa yang akan aku lakukan dan mungkin pikiranku akan kembali setelah postingan ini.



Mungkin itu saja yang hanya bisa aku tuliskan di sini. Aku tahu mungkin ini terkesan ikut-ikutan dengan blog kak Stefanie, tapi memang sebenarnya aku memang terinspirasi dari dia. Masalah kami hampir sama tetapi sebenarnya berbeda dan itulah yang membuatku akhirnya menuliskan ini. Namun jika kak Stefanie melakukannya demi bisa memiliki quality time dengan buku maupun hubungan sosial, maka aku melakukannya karena aku ingin tidak membebani diriku sendiri dan tidak membuat diriku stres.

Pada akhirnya, terima kasih karena telah mau membaca postingan panjang yang random ini. Oh iya bulan September, blog ini akan ada giveaway dari penulis kesukaan aku. Temanya tentang Korea dan aku pernah jadi host blog tour dia untuk buku terbarunya kemarin. Bisa menebak siapa?


6 komentar:

  1. Tetap semangat ya meichan :) semoga kamu bisa kuat menghadapi masalahmu :)

    BalasHapus
  2. Wahhh, sibuk banget rupanya. Tapi harus tetep semngatttt!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih. Jadi mahasiswi semester atas kirain bakalan santai, ternyata makin sibuk 😂😂😂

      Hapus
  3. Semangat yaaa!
    Btw, aku penasaran sama review cerita dari wattpad. Ditunggu postingan selanjutnya yaaa!:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bulan September sudah jalan ya program ini. Aku ada noted beberapa wattpad Indonesia (yang masih on going) sama wattpad Inggris.

      Hapus

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku