Kamis, 10 Mei 2018

SEDOTANS - Permulaan


Judul: SEDOTANS (Sekumpulan Dokter Tampans) 
Penulis: Lifina (comic artist & story), Pashyahime (color artist), Callistahermin (lineartist) 
Genre: Romance
Terbit: 07 Januari 2018
Chapter: 1 - Permulaan
Dapat dibaca: CIAYO Comic
Bahasa: Bahasa Indonesia
Rating☆☆☆☆ ½
Sinopsis:
Tidak lama setelah Dani dan kawan-kawan dilantik menjadi dokter, mereka harus berhadapan dengan pemilihan wahana internship, fase yang harus mereka lalui bila mereka ingin mendapatkan Surat Tanda Registrasi dokter untuk berpraktik mandiri. Namun dimana mereka harus menghabiskan waktu Internship selama satu tahun? Mereka berempat setuju untuk pergi bersama ke suatu daerah yang belum pernah mereka datangi, yaitu di Bontang, kota kecil di Kalimantan Timur. Bisakah mereka melewatinya walaupun dengan isu-isu mistis yang beredar mengenai pulau Borneo?


Cerita dimulai dengan flashback Dani saat masih kecil, saat ditanya oleh seorang laki-laki jika besar nanti mau menjadi apa?

Lalu berpindah kepada hari wisuda kedokteran dan suasanya bahagia. Teman-teman Dani di sini diperkenalkan melalui cerita yaitu Rafa yang lulus dengan cum laude, Iza yang friendly serta menyukai skinship serta Avta yang tertidur saat rektor memberikan pidato kelulusan.

Begitu Ibu dan Sophie yang merupakan adik Dani datang, dia merasa terharu dan sempat sedikit kesal dengan sikap adiknya. Namun, saat Ibunya memanggil Dani, dia langsung menanyakan apakah Ayahnya akan bangga melihatnya lulus?

Cerita ditutup dengan Iza yang memanggil Dani untuk foto bersama Rafa dan Avta.


Kalau boleh jujur, saya waktu pertama kali menemukan ini langsung curiga kalau ini meniru SEKOTENGS. Ternyata oh ternyata, yang menulis orang yang sama, pantas deh kelakukan tokohnya mirip-mirip begitu.

Dibandingkan dengan SEKOTENGS, lebih panjang cerita ini dan bagi yang suka baca tidak cepat habis, ini cocok banget. Hanya saja karena tidak 100% yang memegang adalah Lifina, saya merasa pewarnaanya agak beda dari SEKOTENGS. Masuk akal sih kenapa cerita ini panjang, karena di sini ada 3 orang yang bekerja sama untuk mewujudkan komik ini.

Alasan saya tidak memberikan rating sempurna adalah karena saya belum terbiasa dengan panjangnya cerita, pewarnaanya yang agak berbeda dari SEKOTENGS dan juga yang paling terpenting, saat membaca chapter ini saya tidak merasa digantungkan. Ini hanya opini pribadi, tapi karena saya membandingkan dengan karya sebelumnya makanya ya begitulah.

Juga karena masih dalam rangka membandingkan SEKOTENGS dengan komik ini, maka saya menduga kalau tokoh Dani di sini adalah Ezra, Rafa adalah Dean, Iza adalah Vino dan Avta adalah Raka. Kalau kalian membaca ceritanya bakalan mengerti kenapa saya bilang seperti ini. Meski ya tokoh di SEDOTANS ini sedikit berbeda dari komik sebelah, ya namanya juga untuk perbedaan ya.

Saya jujur juga salut dengan visual tokoh di SEDOTANS yang wajahnya berbeda dari SEKOTENGS, karena itu adalah hal yang cukup langka. Selama ini jika saya membaca komik, kebanyakan wajah tokohnya dari satu komik ke komik lainnya yang dibuat oleh orang yang sama, kemungkinan wajahnya identik itu cukup tinggi. Untuk hal ini saya benar-benar senang banget dan tidak sabar untuk membaca chapter selanjutnya.

Kalau kalian suka SEKOTENGS, maka kalian pasti bakalan suka dengan SEDOTANS. Karena ceritanya ini lebih formatnya seperti cerita yang saling berhubungan dan kalau SEKOTENGS itu lebih kepada potongan cerita di suatu peristiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku