Rabu, 09 Mei 2018

SEKOTENGS - Masalah Bahasa

Judul: SEKOTENGS (Sekumpulan KOAS Sok Ganteng) 
Penulis: Lifina
Genre: Slice of Life
Terbit: 05 Agustus 2017
Chapter2 - Masalah Bahasa 
Dapat dibaca: Webtoon 
Bahasa: Bahasa Indonesia 
Rating: ☆☆☆☆☆
Sinopsis:
Lika-liku perjalanan empat cowok ganteng dalam mengejar impian mereka sebagai dokter diwarnai keabsurdan dan hal-hal kocak lainnya. 


Kali ini ceritanya berlatar UGD dan dari perspektif teman keempat tokoh utama. Maudy yang menerima pasien bule yang berbicara Bahasa Inggris, tidak yakin dengan apa yang didengarnya dan berusaha tenang dengan meminta pasien berbaring di kasur. Langsung saja Maudy mencari Nica yang dinas dengannya untuk menangani pasien itu. Baru saja satu masalah bahasa selesai, mereka kedangan kakek yang berbicara Bahasa Jawa. Jadi ... apa Maudy dan Nica bisa menterjemahkannya?


Cerita ini tidak membahas teman-teman KOAS keempat tokoh utama dan saya jujur merasa tersindir. Kita sepertinya lebih bangga menguasai bahasa asing daripada bahasa daerah dan di sini mana Bahasa Jawanya tidak diterjemahkan. Baca komentar baru tahu artinya apaan :')

Karena berlatar UGD, saya membayangkan jika tempatnya akan sibuk. Karena ini hanya cerita pendek, rasa sibuk itu tidak begitu tergambar jelas dan tidak apa-apa. Karena intinya di chapter ini yang ingin ditekankan kemungkinan tentang masalah bahasa yang harus dihadapi KOAS saat bertugas.

Saya tidak ingin meminta setiap chapternya diperpanjang, karena menggambar itu sulit. Lagipula semakin bertambahnya chapter, semakin panjang ceritanya. Saya suka dengan tema kesehatan seperti ini dan jadi ingin mereview web komik kesehatan lainnya.

Hanya saja ... kapan ada yang mau menggambar tentang anak kuliahan Teknik ya? :')

Sekian ulasan saya dan jika ingin membaca ulasan SEKOTENGS lainnya, bisa dibaca di sini. Oh iya, kalau kalian tidak tahu, Lifina juga ada membuat komik di CIAYO tentang KOAS yang berjudul SEDOTANS. Nanti bakalan saya review juga dan itu sepertinya akan cepat saya tuliskan karena masih belum banyak chapternya.

2 komentar:

  1. Waaa, bener. Kapan ya ada yang mau menggambar tentang anak kuliahan Teknik? :')

    Btw, kutunggu ya, kak, review SEDONTANS nya :"D

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhu ... iya kan? Kalau aja bisa gambar mah sudah pasti saya yang buat TT_TT

      Besok mau publish yang SEDOTANS, soalnya settingnya di Bontang. Ngakak gimana gitu sama pemikiran orang soal mitos di Bontang :"D

      Hapus

Komentar kalian sangatlah berharga bagiku